Senin, 16 Juli 2012

umum 2

Daftar isi :
        1. Talak Kinayah                                                    10. Hukum Pacaran
        2. Tholaq via telepon                                            11. SMS-an Dengan Cewek
        3. Kawin Besan                                                     12. Tholaq     
        4 .Menikahi Sepupu                                               13. mahrom
        5. Bapak tiri kawin dg anak tiri                            14. wali nikah tidak boleh hadir di majelis nikah                    
        6. Anak anak tiri kawin                                         15. Pacaran
        7. Mengembalikan lamaran                                  16. nikah       
        8. Jodoh                                                                                           
        9. Wakil Wali Nikah


1.Talak Kinayah
     Ada suami bilang ke istrinya “mulai sekarang kamu bukan kewajiban saya” apa itu sudah talak?
Jawaban: Tergolong kinayah, yakni dianggap mentalak apabila niat talak.
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين 4/12  ط/الهداية
و) يقعُ (بِكنايَة) وهي ما يَحْتَمِلُ الطلاقَ وغيره إن كانت (مع نَّيةِ) لإِيقاعِ الطَّلاق (مُقَتَرِنَةٌ بأَوَّلِها) أيْ الكِنايَة وتعبيري بمقترنةٍ بأَوَّلِها هوَ ما رَجَّحَه كثيرونَ،
أي الكناية لفظ يحتمل الطلاق، ويحتمل غير الطلاق، لكن احتماله للأول أقرب. وفي ترغيب المشتاق ضابط الكناية أن يكون للفظ إشعار قريب بالفرقة ولم يسمع استعماله فيه شرعاً. اهــــ. وذلك كقوله: أنت برية فإِنه يحتمل الطلاق لكون المراد برية من الزوج ويحتمل غير الطلاق لكون المراد برية من الدين أو من العيوب وهكذا
الغرر البهية في شرح البهجة الوردية. 4/252
ولا تصير ألفاظ الكناية صرائح بقرينة من نحو غضب وسؤال طلاق
           
Tanya :
      Ketika aku bertengkar sama suamiku, suamiku menyuruhku kawin lagi. Pertanyaannya, dalam Islam apakah ucapan suamiku mentalak aku?
Jawaban:
     Ucapan suami kepada istrinya yang menyuruh untuk kawin lagi dengan orang lain seperti yang anda tanyakan termasuk kinayah talak, yakni talaknya terjadi apabila suami niat mentalak.
Referensi:
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين  4/14  الهداية
(و) يقعُ (بِكنايَة) وهي ما يَحْتَمِلُ الطلاقَ وغيره إن كانت (مع نَّيةِ) لإِيقاعِ الطَّلاق (مُقَتَرِنَةٌ بأَوَّلِها) أيْ الكِنايَة وتعبيري بمقترنةٍ بأَوَّلِها هوَ ما رَجَّحَه كثيرونَ، وَاعْتَمَدَهُ الأَسْنَوي والشيخُ زكريا تَبَعاً لِجَمْعٍ مُحقّقينَ ورجَّح في أصْلِ الروْضةِ الإِكتفاءَ بالمقارنةِ لِبَعضِ اللفْظِ ولوْ لآخِرِهِ وهي (كأنْتِ علي حَرام) …………. (و) كـ (ـتزوَّجي) أي لأني طَلَّقْتُكِ وأنتِ حلالٌ لغيْري بخلاف قوله للولي: زوِّجها فإِنه صريح (
(قوله: وكتزوجي ) أي لأني طلقتك ويحتمل من التزوج وهو مطلق الإِختلاط: أي اختلطي وامتزجي بي (قوله: وأنت حلال لغيري) أي لأني طلقتك، ويحتمل إذا طلقتك في المستقبل
فأنت حلال لغيري أو أنت حلال لغيري من قبل أن أتزوّج بك
الغرر البهية في شرح البهجة الوردية. 4/252
ولا تصير ألفاظ الكناية صرائح بقرينة من نحو غضب وسؤال طلاق
                        Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

2.Tholaq via telepon
        Mentholaq (menceraikan) istri dengan telefon itu termasuk tolak sorih atau kinayah?
Jawaban:
       Termasuk kinayah
الفوائد المختارة لسالك طريق الأخرة المستفادة من كلام العلامة الحبيب زين بن إبراهم بن سميط حمع وتقديم : علي بن حسن باهارون  ص 246
التلفون كناية في العقود كالبيع والسلم والإِحارة, فيصح ذلك بواسطة التلفون, أما النكاح فلا يصح بالتلفون لأنه يشترط فيه لفظ صريح, والتلفون كناية, وأن ينظر الشاهد إلى العاقدين, وفقد ذلك إذا كان بالتلفون, أو ما هذا معناه.
الشروانى شرح تحفة المختاج للشيخ المعروف بالشروانى ج 4 ص 221 ط/ دار احياء التراث العربي
( وينعقد ) البيع من غير السكران الذي لا يدري ; لأنه ليس من أهل النية على كلام يأتي فيه في الطلاق ( بالكناية ) مع النية مقترنة بنظير ما يأتي ثم والفرق بينهما فيه نظر ولا تغني عنها القرائن , وإن توفرت , وهي ما يحتمل البيع وغيره ( كجعلته لك ) أو خذه ما لم يقل بمثله , وإلا كان صريح قرض كما يأتي أو تسلمه , وإن لم يقل مني أو باعك الله أو سلطتك عليه وكذا بارك الله لك فيه في جواب بعنيه وليس منها أبحتكه ولو مع ذكر الثمن كما اقتضاه إطلاقهم ; لأنه صريح في الإباحة مجانا لا غير فذكر الثمن مناقض له وبه يفرق بينه وبين صراحة وهبتك هنا ; لأن الهبة قد تكون بثواب , وقد تكون مجانا فلم ينافها ذكر الثمن بخلاف الإباحة وإنما كان لفظ الرقبى  والعمرى كناية بل صريحا عند بعضهم ; لأنه يرادف الهبة لكنه ينحط عنها بإيهامه المحذور المشعر به لفظه بخلاف الإباحة ( بكذا ) لا يشترط ذكره بل تكفي نيته على ما فيه مما بينته في شرح الإرشاد , وإنما انعقد بها مع النية ( في الأصح ) مع احتمالها قياسا على نحو الإجارة والخلع وذكر الثمن أو نيته بتقدير الاطلاع عليها منه يغلب على الظن إرادة البيع فلا يكون المتأخر من العاقدين قابلا ما لا يدريه ولا ينعقد بها بيع أو شراء وكيل لزمه إشهاد عليه بقول موكله له بع بشرط أو على أن تشهد بخلاف بع , وأشهد ما لم تتوفر القرائن المفيدة لغلبة الظن وفارق النكاح بأنه يحتاط له أكثر والكتابة لا على مائع أو هواء كناية فينعقد بها مع النية ولو لحاضر فليقبل فورا عند علمه ويمتد خيارهما لانقضاء مجلس قبوله .( قوله : والكتابة إلخ ) ومثلها خبر السلك المحدث في هذه الأزمنة فالعقد به كناية فيما يظهر .
أسنى المطالب شرح روض الطالب  3 ص278  ط. دار الكتاب الإسلامي
( وإن كتب غيره أو كنى ) بلفظ ( بإذنه و ) لو ( نوى هو ) الطلاق ( لغا ) فالعبرة بنية الكاتب والكاني ( والكتب على الأرض ) أو نحوها ( كتابة لا على الماء والهواء ) ونحوهما لأنه لا يثبت كما مر نظيره في البيع ( وإن كتب أنت طالق واستمد ) بالقلم من الدواة نظر ( إن كان ) الاستمداد ( لحاجة ثم كتب تعليقا ) كإذا أتاك كتابي ( صح التعليق ) ظاهرا فلا تطلق حتى يأتيها الكتاب ( وإلا وقع في الحال ) وذلك كما لو قال أنت طالق وسكت ثم قال إن دخلت الدار فإن كان السكوت لحاجة تعلق الطلاق بالشرط وإلا وقع في الحال ( وإن أنكر ) الزوج ( الكتاب ) أي كتب الطلاق ( أو النية ) وادعته الزوجة ( فالقول قوله ) لأن الأصل العدم .
) قوله كما لو قال أنت طالق وسكت إلخ ) علم من التشبيه المذكور أنه نوى الطلاق بكتابته المذكورة وإلا فكتابة صريح الطلاق كناية
                    Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                  

3.Kawin Besan
         Seorang janda punya anak perempuan, dan seorang duda punya anak lelaki kemudian janda dan duda tersebut menikah. Apakah boleh anak duda itu menikahi anak janda tersebut yang merupakan anak tiri dari sang ayah? dan kalau anak tiri dari ibu (Bintu Zaujil Um) apakah sama?
Jawaban: 
       Anak tiri ayah (Bintu zaujatil ab) dan anak tiri ibu (Bintu zaujil um) bukan termasuk mahrom bil Mushaharoh, maka menikahinya diperbolehkan.
تحفة الحبيب على شرح الخطيب 3/423  ط/دار الفكر
القول في المحرمات بالمصاهرة
 (وأربع بالمصاهرة) وهن (أم الزوجة) بواسطة أو بغيرها من نسب أو رضاع، سواء أدخل بها أم لا لإطلاق قوله تعالى: {وأمهات نسائِكم} (والربيبة إذا دخل بالأم) بعقد صحيح أو فاسد لإطلاق قوله تعالى: {وربائبكِم اللاتي في حجورِكم مِنْ نسائِكم اللاتِي دخلتُم بِهنَّ فإنْ لمْ تكونوا دخلتم بِهنَّ فلا جناحَ عليكم}…. فإن قيل: لم يعتبروا الدخول في تحريم الأصول واعتبروا في تحريم البنت الدخول؟ أجيب بأن الرجل يبتلى عادة بمكالمة أمها عقب العقد لترتيب أموره، فحرمت بالعقد ليسهل ذلك بخلاف بنتها.
قوله: (فحرمت بالعقد ليسهل ذلك بخلاف بنتها) وعلم مما ذكر انها لا تحرم بنت زوج الأم ولا أمه ولا بنت زوج البنت ولا أمه ولا أم زوجة الأب ولا بنتها ولا أم زوجة الابن ولا بنتها ولا زوجة الربيب، لخروجهن عن المذكورات اهــــ ز ي. وسيأتي ذلك في الشارح.
                     Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                 
4.Menikahi Sepupu
        Saya mau tanya kalau nikah sama mbak sepupu hukumnya boleh apa nggak?
Jawaban: 
       Mbak sepupu bukan termasuk mahrom, maka menikahinya boleh.
أحكام القرآن للجصاص أبو بكر أحمد بن علي الرازي الحنفي المشهور (بالجصاص) 2/177  ط/دار الفكر
وقد عقل من قوله تعالى : { وبنات الأخ وبنات الأخت } من سفل منهن كما عقل من قوله تعالى : { أمهاتكم } من علا منهن ; ومن قوله تعالى : { وبناتكم } من سفل منهن , وعقل من قوله تعالى : { وعماتكم } تحريم عمات الأب والأم . وكذلك قوله تعالى : { وخالاتكم } عقل منه تحريم خالات الأم والأب كما عقل تحريم أمهات الأب وإن علون . وخص تعالى العمات والخالات بالتحريم دون أولادهن , ولا خلاف في جواز نكاح بنت العمة وبنت الخالة
                 Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                
5.Bapak tiri kawin dg anak tiri
         Bagaimana hukumnya bapak tiri mengawini anak tirinya. Sedangkan ibunya masih resmi jadi istri bapak. Tolong dijelaskan
Jawaban:
        Tidak  boleh
روضة الطالبين وعمدة المفتين 6/103  دار الفكر
فــرع
يحرم الجمع بين المرأة وبنتها، لدخولهما في الضابط. فلو نكحهما معاً، بطل نكاحهما. ولو نكحهما في عقدين، فالثانية باطلة. فإن كانت الثانية البنت، جاز أن ينكحها إن فارق الأم قبل الدخول
توشيح على فتح القريب ص202
ولا يجمع بين المرأة وعمتها …..وضابط من يحرم الجمع هو كل امرأتين بينهما نسب أو رضاع لو فرضت أحدهما ذكرا مع كون الأخرى انثى حرم تناكحما
توشيح على فتح القريب ص201
والمحرمات بالنص أربع بالمصاهرة وهن أم الزوجة …. والربيبة أي بنت الزوجة إذا دخل بالأم
                    Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
             
6.Anak anak tiri kawin
          Saya mau tanya seumpamanya ada istri yang di tinggal suaminya meninggal tapi punya anak, dan ada juga suami yang di tiggal istrinya meninggal tapi juga punya anak, kemudian istri yang di tinggal suaminya dan suami yang di tinggal istrinya tersebut menikah, bagaimana hukumnya kedua anak mereka tersebut menikah apakah boleh? Mohon di jelaskan
Jawaban: 
       Boleh sebab bukan termasuk mahram
الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع 2/228 دار الكتب العلمية
ولا تحرم بنت زوج الأم ولا أمه ولا بنت زوج البنت وأمه ولا أم زوجة الأب ولا بنتها ولا أم زوجة الابن ولا بنتها ولا زوجة الربيب ولا زوجة الراب.
                     Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
         
7.Mengembalikan lamaran
         Bagaimana hukumnya mengembalikan lamaran bila ga’ jadi? dan apa harus berupa barangnya atau uangnya?
Jawaban: 
        Apabila yang anda maksud lamaran adalah barang barang sepertii pakaian,perhiasan, dan atau yang semacam, maka hukum mengembalikannya adalah wajib, karena pada umumnya calon suami tidak memberikan itu semua kecuali agar pernikahannya tercapai, namun, apabila punya dugaan kuat kalau pihak laki-laki telah merelakannya untuk pihak perempuan maka tidak wajib mengembalikan. Menurut Imam Ibnu Hajar al Haitami dalam kumpulan fatwanya, apabila ponolakannya dari pihak perempuan maka wajib dikembalikan, apabila dari pihak lak-laki maka tidak wajib. Sedangkan barang yang harus dikembalikan, pada dasarnya adalah barang lamaran yang telah diberikan. Namun, hal ini bisa diganti uang atau yang lain apabila pihak suami menghendaki dengan rela.
Sedangkan kalau yang dimaksud lamaran itu sejenis makanan basah seperti kue dan yang semacam, maka boleh dimakan dan tidak wajib dikembalikan karena pada umumnya pihak calon suami ketika memberikannya tidak ada niatan untuk ruju’.
فتح المعين بهامش إعانة الطالبين  ج:3  ص:185  ط/دار الفكر
ومن دفع لمخطوبته أو وكيلها أو وليها طعاما أو غيره ليتزوجها فرد قبل العقد، رجع على من أقبضه
(قوله: ومن دفع لمخطوبته الخ) هذه المسألة سيذكرها الشارح في أواخر باب الصداق، ونصها: لو خطب امرأة، ثم أرسل أو دفع إليها، بلا لفظ مالا قبل العقد، أي ولم يقصد التبرع، ثم وقع الاعراض منها أو منه، رجع بما وصلها منه.
اهـ. قال في التحفة هناك، أي لان قرينة سبق الخطبة تغلب على الظن أنه إنما بعث أو دفع إليها لتتم تلك الخطبة.
اهـ (قوله: فرد قبل العقد) أي لم يقبل، وقوله رجع على من أقبضه، أي لانه إنما دفع إليها ما ذكر لاجل التزويج، ولم يوجد، وفي حاشية الجمل، في باب النكاح، ما نصه.
(سئل م ر) عمن خطب امرأة، ثم أنفق عليها نفقة ليتزوجها، فهل له الرجوع بما أنفقه أم لا ؟.
(فأجاب) بأن له الرجوع بما أنفقه على من دفع له، سواء كان مأكولا، أو مشروبا، أم ملبسا، أم حلوا، أم حليا، وسواء رجع هو، أم مجيبه، أم مات أحدهما، لانه إنما أنفقه لاجل تزوجها، فيرجع به إن بقي، وببدله إن تلف، وظاهر أنه لا حاجة إلى التعرض لعدم قصده الهدية لا لاجل تزوجه بها، لانه صورة المسألة، إذ لو قصد ذلك، أي الهدية، لا لاجل تزوجه بها، لم يختلف في عدم الرجوع.
اهـ.
بغية المسترشدين ص:214    ط/ الهداية
(مسألة: ش) : دفع لمخطوبته مالاً بنية جعله في مقابلة العقد استرده إذا لم يتفق العقد ويصدق في ذلك اهـ. قلت: ورجح ذلك في التحفة، وخالف في فتاويه فقال: ولو أهدى لمخطوبته فاتفق أنهم لم يزوجوه، فإن كان الرد منهم رجع بما أنفق لأنه لم يحصل غرضه الذي هو سبب الهدية، أو منه فلا رجوع لانتفاء العلة اهـ. وأفتى الشهاب الرملي بأن له الرجوع أيضاً مطلقاً، سواء كان الرد منه أو منهم، كما لو مات فيرجع في عينه باقياً وبدله تالفاً مأكلاً ومشرباً وحلياً اهـ.
الفتاوى الكبرى فتاوى ابن حجر الهيتمي  ج:4 ص: 82  ط/دار الفكر
وسئل عمن خطب وأجيب فأنفق ثم لم يزوّجوه فهل يرجع عليهم بما أنفق؟. فأجاب بقوله: اختلف المتأخرون في ذلك والذي دل عليه كلام الرافعي في الصداق أنه إن كان الرد منهم رجع عليهم لأنه لم يهد لهم إلا بناءً على أن يزوّجوه ولم يحصل غرضه فإن كان الرد منه فلا رجوع له لانتفاء العلة المذكورة
الفتاوى الكبرى فتاوى ابن حجر الهيتمي  ج:4 ص: 111-112  ط/دار الفكر
وسئل عمن خطب امرأة وأجابوه فأعطاهم شيئاً من المال يسمى الجهاز هل تملكه المخطوبة أو لا بينوا لنا ذلك؟. فأجاب بأن العبرة بنية الخاطب الدافع فإن دفع بنية الهدية ملكته المخطوبة أو بنية حسبانه من المهر حسب منه وإن كان من غير جنسه أو بنية الرجوع به عليها إذا لم يحصل زواج أو لم يكن له نية لم تملكه ويرجع به عليها اهـ.

في حاشية قليوبي على شرح المحلي على المنهاج للشيخ شهاب الدين القليوبي الشافعي 3/186 (ط/طه فوترا) مانصه :
﴿ فرع ﴾ لو دفع له خاتما أمارة على حاجة فله حكم الوديعة .
الفتاوى الكبرى فتاوى ابن حجر الهيتمي  ج:4 ص: 112-113  ط/دار الفكر
وسئل بما لفظه: كثر كلام الناس في الهدية التي يهديها الخاطب والزوج لأهل المخطوبة أو الزوجة من القماش والمطعومات وغيرهما، ثم يحصل له رداً ومنه طلاق قبل الوطء فما المعتمد في الرجوع بذلك مع البسط فيه؟ فأجاب بقوله: قال الرافعي رحمه الله تعالى في أواخر باب الصداق وتبعوه: ولو اتفقا على قبض مال فقال دفعته صداقاً، وقالت: بل هدية فإن اتفقا على أنه تلفظ واختلفا هل قال خذي هذا صداقاً أم قال هدية فالقول قوله بيمينه وإن اتفقا على أنه لم يجر لفظ، واختلفا فيما نوى فالقول قوله بيمينه أيضاً وقيل بلا يمين، وسواء كان المقبوض من جنس الصداق أو غيره طعاماً أو غيره فإذا حلف الزوج فإن كان المقبوض من جنس الصداق وقع عنه وإلا فإن تراضيا ببيعه بالصداق فذاك وإلا استردّ وأدّى الصداق فإن كان تالفاً فله البدل عليها، وقد يقع التقاص اهــــ كلامه. قال بعضهم: ولا يخفى أن هذا إنما يتأتى حيث لم يكن أدى الصداق، فأما إذا أداه فلا يستقيم قوله دفعته من الصداق ولا يعلم حكم ذلك من كلامه فليتنبه له اهــــ. وظاهر أنه في هذه الصورة يصدق الدافع في نيته أيضاً أخذاً مما في الروض في القرض لأنه أعرف بكيفية إزالة يده عن ملكه. وقال ابن العماد عقب كلام الرافعي : والحاصل أن للمسألة ثلاث صور. الأولى: أن يبعث به بعد العقد ويصرح بكونه هدية فلا رجوع له عليهم لأنه قد سلطهم على إتلاف ماله بغير عوض فهو كتقديم طعام لضيف وقال: كله، وطلب منه عوضه لا يلزمه له عوض. الثانية: أن يصرح بكونه من الصداق فيرجع قطعاً. الثالثة: أن يبعث به على صورة الهدية وهو ساكت، وله حينئذ أربعة أحوال. أحدها: أن ينوي الهدية فلا يحل له الرجوع. ثانيها: أن يطلق فلا يحل له الرجوع أيضاً لتسليطه إياهم على الأكل بغير نية عوض. ثالثها: أن ينوي جعله من الصداق فله الرجوع عملاً بنيته وسواء كان المبعوث به من جنس الصداق أم لا كالطعام. رابعها: أن يكون قبل العقد وبعد إجابة الخطبة فيبعث لا على قصد الهدية المجردة بل على قصد أن يزوّجوه أو على أن يكون المبعوث من الصداق الذي يعقد عليه النكاح فإذا ردت الخطبة أو رغب عنهم وكان البعث على نية شريطة أن يزوّجوه أو على أن يكون المبعوث من الصداق، فالوجه الرجوع وهو ما أفتى به قاضي القضاة تقي الدين بن رزين رحمه الله تعالى. وأفتى البغوي أن الأب لو خطب لابنه امرأة وأهدى لها هدية ثم مات الأب ولم يتفق تزويج بأن الهدية تكون تركة للأب وهذا ظاهر لكنه مقيد بما إذا لم يصرح بالهدية، فإن صرح بها لم يرجع وإن نوى العوضية لتسليطهم على الإتلاف بغير عوض ووقعت المسألة في التنقيح غير منقحة لعدم استحضاره لكلام الرافعي فأما إذا لم يصرح بالهدية فلأن نفسه لم تطب به إلا على تقدير أن يزوّجوه،-إلى أن قال- وهذا نظير ما إذا أوقع الطلاق على ظن وقوعه لفتوى من مقلد، ثم بان خطأ المفتي فإنه لا يقع الطلاق وفي كل محل أعطى الإنسان فيه شيء على قصد تحصيل غرض أو عوض فلم يحصل فإنه لا يباح له أكله، فعلى هذا إذا خطب امرأة فأجابوه فبعث شيئاً ولم يصرح بكونه هدية وقصد إباحته على قصد أن يزوجوه فإذا لم يزوجوه كان له الرجوع عليهم، ومن أفتى بالرجوع مطلقاً لم يصب ومن هذا النوع ما لو أهدى المدين لدائنه شيئاً. وصرح بالهدية فلا يحسب من الدين، فإن قال قصدت العوضية صدق وإن لم يقصد شيئاً فله حسبانه من الدين نظير ما مر.                
                      Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

8.Jodoh
      Jodoh itu termasuk qodo’ atau qodar Alloh ?
Jawaban:
      Tentang makna qodo’ atau qodar ada beberapa perbedaan pendapat. Sebagian pendapat menyatakan bahwa Qodlo’ adalah kehendak Alloh Subhanahu wa ta’ala yang dahulu (azali). Sedangkan qodarnya Alloh Subhanau wa ta’ala adalah bentuk realitas kejadian yang diciptakan Alloh Subhanahu wa ta’ala sesuai dengan kehendak Alloh Subhanahu wa ta’ala yang dahulu. Maka kehendak Alloh Subhanahu wa ta’ala yang dahulu, semisal Zaid berjodoh dengan Fathimah itu disebut qodlo’. Sedangkan bentuk kenyataan Zaid berjodoh dengan Fathimah sesuai dengan kehendak Alloh Subhanahu wa ta’ala itu disebut Qodar.
Referensi:
كفاية العوام في علم الكلام للشيح محمد الفضالي ص65-66
ومما يجب اعتقاده أيضا على كل مكلف أن الأمور خيرها وشرها بقضاء وقدر واختلف في معنى القضاء والقدر فقيل القضاء إرادة الله تعالى وتعلقها الأزلي والقدر إيجاد الله تعالى الأشياء على وفق الإرادة فإرادة الله تعالى المتعلقة أزلا بأنك تصير عالما أو سلطانا قضاء وإيجاد العلم فيك بعد وجودك أوالسلطنة على وفق الإرادة قدر          
                       Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

9.Wakil Wali Nikah
         Ust. Aku mau tanya, ada pengantin perempuan, ayahnya sudah mati, tapi dia punya adik laki-laki kerja ke Malaysia, ketika mau diakad nikah si adik tidak pulang, padahal dia di butuhkan untuk mejadi wali. Waktu  kakaknya kawin, dia berpesan pada keluarganya, tolong aku gantikan menjadi walinya kakakku. Pertanyaan,
bagamanakah hukum menggantikannya pada seseorang yang bukan saudara kandung, dikarenakan dia sudah pesan pada keluarga dirumah?
Jawaban:
       Mungkin yang anda maksud adalah taukil fit tazwij. Apabila demikian, maka hukum taukil dari seorang wali kepada orang lain yang bisa menjadi wakil hukumnya diperbolehkan baik kepada seseorang yang masih ada ikatan saudara atau tidak, baik melalui surat, telefon atau bahkan SMS. Dan saudara kandung bisa menjadi wali setelah tidak ada ayah kandung dan kakek.
Referensi:
مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج 4/260  دار  الكتب
(ولو غاب) الولي (الأقرب) نسباً أو ولاءً (إلى مرحلتين) ولا وكيل لـه حاضر بالبلد، أو دون مسافة القصر، (زوج السلطان) أي سلطان بلدها أو نائبه لا سلطان غير بلدها ولا الأبعد على الأصح؛ لأن الغائب ولي والتزويج حق لـه، فإذا تعذر استيفاؤه منه ناب عنه الحاكم، وقيل: يزوج الأبعد كالجنون
توشيح على ابن قاسم ص199
(وأولى الولاة) أي (أحق الأولياء بالتزويج الأب ثم الجد أبو الأب) ثم أبوه وهكذا ويقدم الأقرب من الأجداد على الأبعد (ثم الأخ للأب والأم) ولو عبر بالشقيق لكان أخصر
انوار المسالك  ص : 216 (الهداية)
ويجوز للولي ان يوكل بتزويجها ولا يجوز ان يوكل الا من يجوز ان يكون وليا وللزوج ان يوكل فى القبول من يجوز ان يقبل النكاح لنفسه ولو عبدا  
الفوائد المختارة لسالك طريق الأخرة المستفادة من كلام العلامة الحبيب زين بن إبراهم بن سميط حمع وتقديم : علي بن حسن باهارون  ص 246
التلفون كناية في العقود كالبيع والسلم والإِحارة, فيصح ذلك بواسطة التلفون, أما النكاح فلا يصح بالتلفون لأنه يشترط فيه لفظ صريح, والتلفون كناية, وأن ينظر الشاهد إلى العاقدين, وفقد ذلك إذا كان بالتلفون, أو ما هذا معنا
فتاوى شرعية في مسائل هامة فرعية للعلامة الفقيه الشيخ أحمد بن عبد الله خرد الحضرمي ص54  ط/مطبعة المدني
( مسألة ) رجل وصله كتاب من صاحب له أن زوج بنتي فلانا فإن غلب على ظنه أن الكتاب كتاب الغائب أو بأمره فله أن يعقد وإلا فلا      
                    Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

10.Hukum Pacaran
Bagaimanakah hukum pacaran menurut Islam?
Jawaban: Hukum pacaran dengan melihat kenyataan yang ada adalah haram.             
                   Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

11.SMS-an Dengan Cewek
           Ust. Aku mau tanya bagaimana hukumnya main SMS sama wanita yang bukan mahromnya (dihati ada cinta, tapi tidak ada niatan untuk menikahi)?
Jawaban:
           Pada dasarnya komunikasi dengan wanita ajnabiyah via HP (termasuk SMS) sama dengan komunikasi secara langsung. Jika komunikasi itu bertentangan dengan syara’, seperti hal-hal yang menimbulkan fitnah (sebagaimana yang terjadi pada umumnya), mengajak melakukan maksiat, berkata kotor, dusta atau disertai syahwat maka hukumnya adalah haram.
Referensi:
بريقة محمودية في شرح طريقة محمودية 4/7  دار إحياء
( السادس والخمسون التكلم مع الشابة الأجنبية فإنه لا يجوز بلا حاجة ) لأنه مظنة الفتنة فإن بحاجة كالشهادة والتبايع والتبليغ فيجوز ( حتى لا يشمت ) العاطسة ( ولا يسلم عليها ولا يرد سلامها جهرا بل في نفسه ) إذا سلمت عليه ( وكذا العكس ) أي لا تشمته الشابة الأجنبية إذا عطس قال في الخلاصة أما العطاس امرأة عطست إن كانت عجوزا يرد عليها وإن كانت شابة يرد عليها في نفسه وهذا كالسلام فإن المرأة الأجنبية إذا سلمت على الرجل إن كانت عجوزا رد الرجل عليها السلام بلسانه بصوت يسمع وإن كانت شابة رد عليها في نفسه وكذا الرجل إذا سلم على امرأة أجنبية فالجواب فيه يكون على العكس ( لقوله صلى الله تعالى عليه وسلم واللسان زناه الكلام ) أي يكتب به إثم كإثم الزاني كما في حديث العينان تزنيان واليدان تزنيان والرجلان تزنيان والفرج يزني وما في القنية يجوز الكلام المباح مع المرأة الأجنبية فمحمول على الضرورة أو أمن الشهوة أو العجوز التي ينقطع الميل عنها ( وسيجيء تمامه في آفات الأذن )
إسعاد الرفيق 2/105                            
ومنها كتابة ما يحرم النطق به قال في البداية لأن القلم أحد اللسانين فاحفظه عما يجب حفظ اللسان منه
فتاوى الولوالجية للفقيه أبي الفتح ظهير الدين عبد الرشيد الحنفي 3/387  دار الكتب
ولو استأجر رجلا ليكتب له غناء أو ليبني بيعة أو كنيسة أو استأجرته امرأة ليكتب لها كتابا إلى حبيبها أو استأجره لينحت له طنبورا أو بربطا تجب الإجرة ويطيب له ذلك إلا أنه أثم بذلك لأنه إعانة على المعصية والله أعلم بالصواب              
                   Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
=======================================================================
XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
=======================================================================
12.Tholaq
          Didit : 2 hari yg lalu saya bertengkar dengar istri. dalam pertengkaran itu, terucap kata dari saya (suami) ta tinggal pulang kamu, biar aja kamu sendiri.
menurut istri saya menganggap ucapan itu menyatakan bahwa dia sudah tidak halal lagi baginya.
menurut saya itu hanya ungkapan yg tidak bermakna dalam dan jauh dari unsur perceraian. mohon pencerahannya dari ustad., terima kasih sebelumnya
Jawaban :
        Bapak Didit yang kami hormati, sebelumnya perlu diketahui bahwasanya kata-kata yang dipergunakan dalam perceraian (Thalak) itu ada dua macam.  
Pertama, dengan kata-kata yang shorih (jelas) seperti Aku tholaq kamu, Aku putus pertalian diantara kita dsb. Kedua, dengan kata-kata sindiran (Kinayah) seperti perkataan seorang suami kepada istrinya “Engkau sudah tidak halal bagiku”, “Aku telah meninggalkan dirimu” dsb.
Jenis tholaq yang kedua (Kinayah) dianggap sah kalau disertai niat (menceraikan). Karenanya, apabila suami tidak bermaksud menceraikan istrinya maka ucapan seperti “Engkau sudah tidak halal bagiku” tidak tergolong ucapan Thalak.
Mengenai ucapan yang anda sampaikan kepada istri bapak, sekira bapak tidak bermaksud menceraikan istri bapak, maka istri bapak tetap halal dan antara bapak dan istri bapak masih sah sebagai suami istri. (Fathul mu’in)
                 sumber : http://langitan.net

13.mahrom
        Assalamu’alaikum….Ustadz aq mo nanya nich ttg mahram.Aq lg kebingungan nich….Critanya gini aq pnya tmn cewe n niatnya aq sama dia pengen serius.Tp ternyata setelah ditelusuri kami msh saudara.Jadi,kakek(laki2/mbah kakung) kami adik beradik.Dri kakeknya lahir bpk tmn cewe ku itu ,trus dri kakek ku lahir bpk ku.Ya aq mau tanyakan,
Apakah kami berdua blh menikah? Kalo emg tidak boleh apa alasanya,dan masuk dlm golongan yg mana sesuai dlm surat An-Nisa??
Tlng di jawab ustadz,aq tunggu….Terima kasih sebelumnya…
Wassalamu’alaikum…
Jawab : (admin) #mamet
     berarti mas dengan cewek tadi saudara misan/sepupu. dalam hukum Islam mas masih boleh mengawininya. adapun yang tidak boleh dikawin adalah sebagimana dibawah ini :
Dan janganlah kamu mengawini wanita-wanita yang telah dikawini oleh ayahmu, terkecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh). (An-Nisaa: 22)
Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudaramu yang perempan, ibu-ibu isterimu (mertua), anak-anak isterimu yang dalam pemeliharaanmu dari isteri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan isterimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya, (dan diharamkan bagimu) isteri-isteri anak kandungmu (menantu) dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, dan diharamkan juga kamu mengawini wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu. Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian. (An-Nisaa: 23-24)
dan juga haram dinikah saudara sesusuan, walaupun sebenarnya dia bukan siapa-siapa kita
                sumber : http://langitan.net


14.wali nikah tidak boleh hadir di majelis nikah
          Assalamu’alaikum War. Wab.
Bapak Pengasuh rubrik “Masail” Kakilangit yang mulia, saya pernah mendengar keterangan bahwa seorang wali yang telah mewakilkan kepada orang lain (wakil) untuk menikahkan anaknya itu tidak boleh datang dalam majlis akad, karena dalam majlis itu tidak dibenarkan adanya orang yang mewakilkan (muwakkil) dan wakil. Melalui majalah Kakilangit ini saya ingin mengklarifikasikan masalah ini. Semoga Gus Adib tidak keberatan. Terimakasih atas klarifikasinya.
Wassalam
Supriyono, Pati, Jateng
Jawaban:
       Bapak Supriono yang semoga dimulyakan Allah, seorang wali itu diperbolehkan menikahkan sendiri anaknya atau mewakilkannya kepada orang lain, misalnya kepada kiai, sebagaimana yang berlaku di lingkungan kita. Mengenai kehadiran si wali yang sudah mewakilkan untuk menikahkan anaknya kepada si wakil itu sebenarnya tidak ada larangan. Artinya kehadiran wali atau muwakkil (orang yang mewakilkan) dan wakil (orang yang menjadi wakil) dalam majlis akad itu tetap dibenarkan. Yang tidak diperbolehkan itu jika kehadiran si wali ikut menjadi salah satu dari dua orang yang menjadi saksi akad nikah tersebut, sebab jika demikian maka akad nikah itu tidak sah. (Lihat al Bajuri, juz II, hal. 102).
             sumber : http://langitan.net

15. Pacaran
           Pacaran identik dengan hubungan asmara yang dilakukan oleh lawan jenis yang bukan mahrom. Apapun jalan yang digunakan dalam pacaran meski tidak sampai terjadi kholwat atau nadhor secara umum tidak diperbolehkan, ini semata-mata untuk menghindari hal-hal dan akibat yang nanti akan terjadi. Imam syafi’I mengatakan “Daf’ul mafasid muqoddamun ‘ala jalbi Al-Masholih” artinya, menolak kejelekan yang akan terjadi itu diutamakan dari pada mengambil manfaat. Kaidah ini kalupun nantinya dalam komunikasi ada beberapa keuntungan positif yang diperoleh, lalu apakah dalam komunikasi antar jenis terdapat manfaat yang sesuai dengan agama?.
Bahkan kalau ditilik dari sisi yang lain dalam pacaran terdapat unsur-unsur cerita percintaan / asmara. Kaitannya dalam hal ini fiqh melarang seseorang menceritakan atau mempublikasikan hal-hal seperti itu.
Lain halnya apabila komunikasi tersebut mengandung unsur da’wah atau lainnya, maka masih ada celah diperbolehkannya, namun sekali lagi pacaran adalah hubungan asmara tidak yang lainnya. (Fawaaidul janiyyah;153)
Dari : Asma’ul.
Assalamu’alaikum.
Begini, saya mau tanya :
      1. Memangnya apa sih hukumnya pacaran yang sebenarnya,karena saya pernah membaca sebuah majalah islam bahwa pacaran itu tdk boleh?
      2. Apa boleh hewan qurban diperuntukkan untuk orang meninggal? kalau boleh apa dasarnya & imam siapa saja yg membolehkan
     3. Sebenarnya apa dasar qunut dlm solat subuh, & tolong dijelaskan asal muasal doa qunut tsb.
Jawaban :
      Jalinan asmara yang dilakukan antara dua lawan jenis yang tidak punya hubungan mahrom (karena nasab, rodho’ atau pernikahan) itu selama tidak ada hajat seperti mu’amalah, nadhor dalam nikah, pengobatan, persaksian tindak kriminal itu harom hukumnya. Apalagi berdua-an ditempat sepi dan kemudian bercumbu rayu, maka dosa yang dilakukan bertambah banyak.
Tidak ada istilah pacaran dalam Islam, pacaran hanyalah budaya yang dikembangkan oleh orang-orang non muslim barat. Sedangkan dalam islam, hubungan yang berkenaan dengan lawan jenis yang ada cuma Nadhor, (melihat wanita dengan maksud akan dinikahi).
Dalam Nadhor calon pengantin laki-laki diperbolehkan melihat kedua telapak tangan dan wajah calon pengantin perempuan, bahkan sebagaian Ashab mazhab hambali memperolehkan melihat anggota badan yang biasanya tampak dilingkungan rumah seperti leher, tangan, talapak kaki.(Is’adurrofiq; 2/125, Bujairimy Al-khotib; 3/372, Mausuah fiqhiyyah ;19/199)
Oleh karenanya kita sebagai umat islam harus selektif dalam mengadopsi berbagai budaya atau tren saat ini. Sebab, aktifitas apa saja haruslah berkesusaian dengan syara’. Dikatakan oleh Hujjatul Islam Al-ghozali bahwa Mizanul umur As-syari’at (barometer kebaikan atau kejelekan suatu perkara itu diukur dengan kaca-mata syari’at agama). Artinya, ketika agama menilai suatu perkara itu jelek maka pertimbangan selainnya seperti akal, rasa dan budaya tidak berlaku. (Mizanul amal Li Abi Hamid Alghozali)
             sumber : http://langitan.net 

16.nikah
       Mohon keterangan terutama dari referensi I’anatuttholibiin masalah sbb:
- Dalam nikah ucapan yang benar itu yang mana? “Ali, aku nikahkan engkau dengan anakku yang bernama…….” Atau “engkau aku nikahkan dengan anakku yang bernama…..
Jawab ;
       Kedua shighot diatas sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan karena yang terpenting dalam shighot adalah memberi pengertian nikah dan ditujukan secara jelas kepada pengantin pria dan wanita baik menggunakan kata ganti orang, isyaroh ataupun penyebutan nama.
Pemakaian kata ganti orang pertama yang disertai nama pengantin pria atau perempuan seperti yang anda contohkan itu sah sah saja selama tidak ada persepsi lain atas maksud si wali atau nai’b
Bila tidak memakai nama dapat menimbulkan persepsi lain maka wajib menyebut nama, seperti contoh sbb:
- Seseorang yang punya dua orang puteri sebut saja Laila dan Hafshoh, lalu si wali menikahkannya dengan ucapan “Aku nikahkan engkau dengan salah satu puteriku.”. Seharusnya ia mengucapkan ” Aku nikahkan engkau dengan salah satu puteriku Laila”,Karena bila tidak disebut maka akan timbul persepsi yang tidak sesuai dengan apa yang dimaksud oleh si wali atau na’ib
(Hasyiyah Al Jamal 4: 137, Ianatuttholibin 3: 316-318
           sumber : http://langitan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar