Senin, 16 Juli 2012

umum 6

Daftar isi :
     1. Air musta’mal                                                                       9. Basmalah Surat At-Taubah           
     2. Amal Mengharap Pahala                                                10. Ngobrol Di Masjid          
     3. Melanggar Janji                                                                  11. Pegang ALQURAN tanpa wudlu              
     4. Hibah Kepada Salah Satu Ahli Waris                              12. Al Qur’an sebagai Obat      
     5. Amar ma’ruf                                                                        13.  Perawi
     6. Musholla jadi masjid                                                          14. Tanah Bekas Masjid 
     7. Menghilangkan was was                                                    15. Khutbah Hanya dengan Bahasa Arab
     8. Merusak Barang Milik Masjid                                        16. Wakilkan haji
             

1.Air musta’mal
         Ust. Bagaimana  penjelasan tentang air musta’mal yang telah dibuat menghilangkan najis. Padahal air sedikit yang kena najis berubah atau tidak kan tetap najis?
Jawaban:
        Air musta’mal yang telah dibuat menghilangkan najis (ghosalah) adalah,  sisa atau bekas air sedikit (kurang dari 2 qullah) yang telah dipakai untuk menghilangkan najis dengan cara menuangkannya pada benda mutanajjis. Bekas air itu tidak berubah sebagian sifat sifatnya. Ukurannya tidak lebih banyak dari sebelum dituangkan setelah mempertimbangkan air yang terserap pada benda yang dibasuh dan memperhitungkan kotoran suci yang terbawa. Oleh karenanya, air sedikit dihukumi najis secara mutlak itu apabila air kejatuhan najis (maurud) bukan apabila air yang dituangkan (warid)
تحفة الحبيب على شرح الخطيب 1/89  دار الفكر
( و ) رابعها ( ماء نجس ) أي متنجس ( وهو الذي حلت فيه ) أو لاقته ( نجاسة ) تدرك بالبصر ( وهو ) قليل ( دون القلتين ) قوله : ( أو لاقته ) أي حيث لم يكن الماء واردا وإلا فلا يضر على ما يأتي في الغسالة ا ج .
تحفة الحبيب على شرح الخطيب 1/138  دار الفكر
وشرط ورود الماء إن قل لا إن كثر على المحل لئلا يتنجس الماء لو  عكس فلا يطهر المحل , والغسالة القليلة المنفصلة بلا تغير وبلا زيادة وزن بعد اعتبار ما يتشربه المحل وقد طهر المحل ,  طاهرة ; لأن المنفصل بعض ما كان متصلا , وقد فرض طهره ولا يشترط العصر ; إذ البلل بعض المنفصل , وقد فرض طهره , ولكن يسن خروجا من الخلاف , فإن كانت كثيرة ولم تتغير أو لم تنفصل فطاهرة أيضا , وإن انفصلت متغيرة أو غير متغيرة وزاد وزنها بعدما ذكر أو لم يزد ولم يطهر المحل فنجسة .
قوله : ( وبلا زيادة وزن ) هو في الغسالة القليلة ولا يضر في الكثيرة إلا التغير ق ل . قوله : ( ما يتشربه المحل ) أي ويلقيه من الوسخ الطاهر . قال حج : ويكتفى فيهما بالظن . وقوله : وقد طهر المحل بأن لم  يكن به طعم ولا لون ولا ريح على ما تقدم ولو في المغلظة ح ل . قوله : ( طاهرة ) أي غير مطهرة لإزالتها للخبث ; لأن ما أزيل به الخبث غير طهور , ولو كان معفوا عنه ح ل .
               Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

2.Amal Mengharap Pahala
          Ana mau nanya menjalankan sholat dan amalan lainnya dengan mengharapkan pahala apakah berarti tidak ikhlas? Atas jawabannya terimakasih.
Jawaban:  
         Orang yang beramal karena mengharap pahala dari Allah Subhanahu wata’ala sudah tegolong mukhlis (orang yang ikhlas) meskipun masih dibawah derajat ikhlasnya shiddiqin.
 كفاية الأتقياء ومنهاج الأصفياء شرح منظومة هداية الأذكياء ص32-33
أخلص وذا أن لا تريد بطاعة * إلا التقرب من إلهك ذي الكلا
أي أخاص أيها الراغب في لقاء الله تعالى والدرجات العلا وذا أي الإخلاص أن لا تريد بطاعة إلا التقرب من مولاك ذي الكلا وهذا المعنى هو أعلى مراتب الإخلاص الثلاث. المرتبة الثانية : العمل طمعا في الثواب وهربا من العقاب. المرتبة الثالثة: العمل لأجل أن الله يغنيه في الدنيا عن الناس كأن يقرأ سورة الواقعة لذلك وهذه المرتبة هي الدنيا وصاحبها يعد مخلصا
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين 4/338
(واعلم) أن مراتب الإخلاص ثلاث: الأولى: أن تعبد الله طلباً للثواب وهرباً من العقاب، الثانية: أن تعبده لتتشرف بعبادته والنسبة إليه، والثالثة: أن تعبد الله لذاته لا لطمع في جنته ولا لهرب من ناره ــــ وهي أعلاها ــــ لأنها مرتبة الصدّيقين،
غاية تلخيص المراد بهامش بغية المسترشدين ص82 ط /الحرمين
(مسألة): من عبد الله لأجل الثواب أو خوفاً من العقاب صحت عبادته، لكنها ليست كمن عبده لإجلاله ولاستحقاقه الخدمة والعبودية، وهذه كما قال الغزالي أعز النيات وأعلاها، ويعز من يفهمها فضلاً عمن يتعاطاها، ونيات الناس إما لباعث الخوف أو الأجر، وهو وإن كان نازلاً فهو من جملة النيات، نعم من عبد الله لذلك فقط، ولو لم يكن ثواب ولا عقاب لما عبد الله، فهذا الذي تفسد عبادته،
                         Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

3.Melanggar Janji
         Ust, apakah janji yang berupa pekerjaan bisa dilanggar?
Jawaban: 
         Seseorang yang tidak menepati janji, ada perbedaan diantara ulama mengenai hukumnya. Mayoritas ulama berpendapat makruh. Akan tetapi kalau sejak awal ada maksud untuk tidak menepati maka hukumnya haram.
وفي الفتوحات الربانية الجز3 المجلد 6 ص 258 – 261 ما نصه :
وقد أجمع العلماء على أن من وعد إنسانا شيئا ليس بمنهي عنه فينبغي أن يفي بوعده وهل ذلك واجب أم مستحب ؟ فيه خلاف بينهم ذهب الشافعي وأبو حنيفة والجمهور إلى انه مستحب فلو تركه فاته الفضل وارتكب المكروه كراهة تنزيه شديدة ولكن لا يأثم وذهب جماعة إلى أنه واجب قال الإما أبوبكر بن العربي المالكي أجل من ذهب إلى هذا المذهب عمر بن عبد العزيز قال وذهبت المالكية مذهبا ثالثا أنه إن ارتبط الوعد بسبب كقوله تزوج ولك كذا او احلف أنك لا تشتمني ولك كذا ونحو ذلك وجب الوفاء وإن كان وعدا مطلقا لم يجب واستدل من لم يوجبه بأنه في معنى الهبة والهبة لا تلزم إلا بالقبض عند الجمهور وعند المالكية تلزم قبل القبض
اسعاد الرفيق 2- 82 ( الهداية )في باب معاص اللسان
ومنها الخلف في الوعد لمسلم من المسلمين لكن لامطلقا بل اذا وعد وهو يضمر أي ينوي بقلبه الخلف في وعده أو ترك الوفاء به بلا عذر
بريقة محمودية 3- 178( دار احياء الكتب العربية )
( ومنه خلف الوعد إذا كان في نيته الخلف وقد مر ) في الآفات القلبية وأما إذا كان في نيته الوفاء ولم يقدر على إنجازه فليس بكذب وقد قيل وعد الكريم دين الغريم وفي الحديث
وفي مهمات النفائس ص 57 ما نصه:
(مسألة) ما قولكم دام فضلكم في رجل يحضر في علم الله عز وجل وهو فقير جدا فقال له أخر اشتر لك كتبا فقال ما معي ثمن فقال له اشتر وأنا أدفع ثمنه لله تعالى فاشترى وأشهد عليه فرجع وأنكر فهل له الرجوع أم لا ؟ أفيدنا الجواب اللهم هداية للصواب الأمر الذي صدر من الآخر وعد والوعد لا يجب الوفاء به سيد احمد دحلان.
                  Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                        
4.Hibah Kepada Salah Satu Ahli Waris
           Sahkah hibahnya seseorang kepada salah satu ahli waris tanpa sepengetahuan dan persetujuan ahli waris yang lain dengan alasan pernah menggarap sawahnya dan disaksikan orang luar (Selain ahli waris)?
Jawaban:  
          Tidak sah apabila seseorang sewaktu menghibahkan dalam kondisi sakit yang mengkawatirkan atau mengantarkan pada kematian (marodl makhuf), begitu juga tidak shah apabila hibah tersebut digantungkan pada kematiannya, seperti perkataan : “Apabila aku mati maka sawah ini aku berikan padamu”. Apabila tidak demikian maka hibahnya dihukumi sah.
إعانة الطالبين 3ص204  ط. الهداية
)و) تصح (لوارث) للموصي (مع إجازة) بقية (ورثته) بعدَ موْت الموصي وإن كانت الوصية ببعض الثلث ولا أثر لإِجازتهم في حياة الموصي: إذ لا حقّ لهم حينئذٍ، ……… ومن الوصِيَّة له إِبْراؤه وهِبَتَهُ والوَقْفُ عليه.
)قوله: ومن الوصية له الخ) أي ومن معنى الوصية للوارث إبراؤه من دين له عليه وهبته شيئاً والوقف عليه، فيتوقف صحة ذلك على إجازة بقية الورثة. قال ع ش: والكلام في التبرعات المنجزة في مرض الموت أو المعلقة به. أما ما وقع منه في الصحة فينفذ مطلقاً، ولا حرمة، وإن قصد به حرمان الورثة، اهــــ.
حاشية الباجوري 1 ص364-367
(والحجر)…. على (ستتة) من الأشخاص …. (والمريض) المخوف عليه من مرضه والحجر عليه (فيما زاد على الثلث)
(قوله والمريض) …. والحجر على المريض إنما هو في التبرعات كصدقة وهبة ووصية وعتق
(قوله المخوف عليه من مرضه) بأن كان به مرض مخوف ولو مات بغيره أو غير مخوف ومات به لتبين أنه مخوف
(قوله والحجر عليه) أي على المريض (وقوله فيما زاد على الثلث) فله ان يتبرع به وتنفذ وصيته بالثلث وإن لم ترض الورثة  إن لم تكن لوارث وإلا توقفت على إجازة باقي الورثة
                        Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                     
 5.Amar ma’ruf
         Ust. Mau tanya bolehkah dalam amar ma’ruf langsung inkar bil Qolbi ?
Jawaban:
        Tidak boleh. Inkar bil qolbi merupakan alternatif terakhir setelah tidak mampu inkar bil yad atau bil Qoul.
بغية الطالب لمعرفة العلم الديني الواجب للشيخ عبد الله الهرري ص138  ط0 دار المشاريع
أما إن كان يستطيع الإنكار باليد أو القول فلا يكفيه الإنكار بالقلب فهذه الكراهية لا تخلصه من معصية الله فالذي يحضر المعصية ولا ينكرها والذي يعلم بها ولا يحضرها فلا ينكرها بالقلب سواء في الوقوع في المعصية والسالم من أنكر إن استطاع بيده فإن عجز فبقلبه.
                Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
                   
6.Musholla jadi masjid
         Bolehkah musholla wakaf statusnya dirubah menjdi masjid?
Jawaban:
         Merubah wakaf tidak diperbolehkan  kecuali pihak wakif sewaktu mewakafkan mensyaratkan untuk  berbuat yang maslahat pada wakafannya dan kemaslahatan merubah menjadi masjid memang nyata saat itu, maka dalam kondisi ini diperbolehkan merubah musholla wakaf menjadi masjid.
حاشية القليوبي3/106  دار الفكر
تَنْبِيهٌ: لا يَجُوزُ تَغْيِيرُ شَيْءٍ مِنْ عَيْنِ الْوَقْفِ, وَلَوْ لأَرْفَعَ مِنْهَا فَإِنْ شَرَطَ الْوَاقِفُ الْعَمَلَ بِالْمَصْلَحَةِ اُتُّبِعَ شَرْطُهُ
نهاية الزين شرح قرة العين 1/256  دار الكتب
ولا تغيـير هيئته، كجعل البستان داراً، أو عكسه ما لم يشرط الواقف العمل بالمصلحة، وإلاّ فيجوز تغيـير الوقف بحسبها.
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين 3/157  دار الكتب
وَوَقَفْتُه للصَّلاةِ: صريحٌ في الوَقْفِيَّة، وكِنايَةً في خُصوصِ المسْجِدِيَّة. فلا بُدَّ مِن نِيَّتِها في غير المُوات
)قوله: ووقفته للصلاة الخ) أي وإذا قال الواقف وقفت هذا المكان للصلاة فهو صريح في مطلق الوقفية (قوله: وكناية في خصوص المسجدية، فلا بدّ من نيتها) فإِن نوى المسجدية، صار مسجداً، وإلا صار وقفاً على الصلاة فقط، وإن لم يكن مسجداً، كالمدرسة
                Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

7.Menghilangkan was was
         Ustd. Saya mau tanya, bagaimanakah menghilangkan cara  was-was….?    
Jawaban:
          Imam Ibnu hajar al haitami pernah ditanya tentang hal yang serupa, beliau menjawab bahwa, obat yang paling bermanfaat  untuk menghilangkan waswas adalah berpaling dan tidak menghiraukannnya sama sekali. Imam az Zarkasyi dalam kitab Khodim berkata : Sebaiknya bagi orang yang ditimpa waswas mengikuti pendapat pendapat ulama yang murah dan ringan agar was was itu tidak kambuh yang menyebabkan dia keluar dari syara’.
Sebetulnya juga banyak resep dari para ulama yang berupa bacaan bacaan antara lain dari Imam Abil Hasan as Syadzali bagi orang sering was was supaya membaca :
 سبحان الملك الخلاق { إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز }
فتاوى ابن حجر الهيثمي 1/138  دار الفكر
( وسئل ) – نفع الله به – عن داء الوسوسة هل له دواء ؟ ( فأجاب ) بقوله : له دواء نافع وهو الإعراض عنها جملة كافية . وإن كان في النفس من التردد ما كان – فإنه متى لم يلتفت لذلك لم يثبت بل يذهب بعد زمن قليل كما جرب ذلك الموفقون , وأما من أصغى إليها وعمل بقضيتها فإنها لا تزال تزداد به حتى تخرجه إلى حيز المجانين بل وأقبح منهم , كما شاهدناه في كثيرين ممن ابتلوا بها وأصغوا إليها وإلى شيطانها الذي جاء التنبيه عليه منه صلى الله عليه وسلم بقوله : { اتقوا وسواس الماء الذي يقال له الولهان , } أي : لما فيه من شدة اللهو والمبالغة فيه كما بينت ذلك وما يتعلق به في شرح مشكاة الأنوار , وجاء في الصحيحين ما يؤيد ما ذكرته وهو أن من ابتلي بالوسوسة فليعتقد بالله ولينته . فتأمل هذا الدواء النافع الذي علمه من لا ينطق عن الهوى لأمته . واعلم أن من حرمه فقد حرم الخير كله ; لأن الوسوسة من الشيطان اتفاقا , واللعين لا غاية لمراده إلا إيقاع المؤمن في وهدة الضلال والحيرة ونكد العيش وظلمة النفس وضجرها إلى أن يخرجه من الإسلام . وهو لا يشعر أن الشيطان لكم عدو فاتخذوه عدوا . وجاء في طريق آخر فيمن ابتلي بالوسوسة فليقل : آمنت بالله وبرسله . ولا شك أن من استحضر طرائق رسل الله سيما نبينا صلى الله عليه وسلم وجد طريقته وشريعته سهلة واضحة بيضاء بينة سهلة لا حرج فيها وما جعل عليكم في الدين من حرج , ومن تأمل ذلك وآمن به حق إيمانه ذهب عنه داء الوسوسة والإصغاء إلى شيطانها . وفي كتاب ابن السني من طريق عائشة : رضي الله عنها { من بلي بهذا الوسواس فليقل : آمنا بالله وبرسله ثلاثا , فإن ذلك يذهبه عنه , } وذكر العز بن عبد السلام وغيره نحو ما قدمته فقالوا : دواء الوسوسة أن  يعتقد أن ذلك خاطر شيطاني , وأن إبليس هو الذي أورده عليه وأنه يقاتله , ….
ونقل النووي – رحمه الله – عن بعض العلماء أنه يستحب لمن بلي بالوسوسة في الوضوء , أو الصلاة أن يقول : لا إله إلا الله فإن الشيطان إذا سمع الذكر خنس ; أي : تأخر وبعد , ولا إله إلا الله – رأس الذكر ولذلك اختار صفوة هذه الأمة – من أصحاب التربية وتأديب المريد – قول ( لا إله إلا الله ) لأهل الخلوة , وأمروهم بالمداومة عليها , وقالوا : أنفع علاج في دفع الوسوسة الإقبال على ذكر الله تعالى والإكثار منه . وقال ابن أبي الحواري بكسر الراء وفتحها شكوت إلى الداراني الوسوسة فقال : إذا أردت قطعه فمتى أحسست به فافرح فإذا فرحت انقطع عنك فإنه ليس شيء أبغض إلى الشيطان من سرور المؤمن , قال بعضهم : ويؤيد هذا ما ذكر عن بعض الأئمة أنه إنما يبتلى به من كمل إيمانه ; فإن اللص لا يسرق من بيت لص مثله ا هـ . وهذا إن سلم فهو في الوسواس في العقائد ; لما في الحديث أنه محض الإيمان . على أن الإمام ابن عرفة قال إنما يبتلى به في الدين من أخذه تقليدا دون من عرف براهينه ; لأن الوسواس شك وهو لا يجتمع مع الاعتقاد الجازم المستند إلى دليل لكونه ضده . وقال العارف أبو الحسن الشاذلي : إذا كثر عليك الوسواس فقل : سبحان الملك الخلاق { إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز } , أذهب الله عنا سائر المضار والمخاوف والفتن , وأنالنا كل خلق حسن , وجعلنا من أهل ولاية أهل النعم والمنن إنه على ما يشاء قدير وبالإجابة جدير .
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين   4/209  دار الكتب العلمية
وفي الخادِمِ عن بعضِ المحتاطينَ. الأَوْلَى لمنْ ابتُلي بوسواسٍ الأخذ بالأخفِ والرخصِ لئلا يزدادَ فيخرجُ عن الشرعِ
قوله: لئلا يزداد) أي الوسواس ، وهو علة الأولوية، (وقوله : فيخرج) بالنصب عطف على يزداد: أي فيخرج بسبب زيادة الوسواس عن الشرع مثلاً، وابتلى بالوسواس في النية في الوضوء، أو بقراءة الفاتحة خلف الإِمام، وصار يصرف أكثر الوقت في الوضوء أو في الصلاة، فله أن يترك النية ويقلد الإِمام أبا حنيفة فيه فإِنها سنة عنده، أو يقلده في ترك الفاتحة خلف الإِمام، حتى يذهب عنه الوسواس.
                 
             Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com
              
8.Merusak Barang Milik Masjid
        Bagaimana hukumnya orang merusakkan barang punya masjid tanpa disengaja?
Jawaban:
        Hukum merusak barang milik orang lain termasuk juga milik masjid apabila tidak sengaja tidak berdosa. Akan tetapi dia berkewajiban mengganti barang yang dirusak.
Referensi:
تحفة الحبيب على شرح الخطيب 3/515  دار الفكر
و ) الرابع ( المكره ) بفتح الراء على طلاق زوجته لا يقع طلاقه خلافا لأبي حنيفة رضي الله تعالى عنه , لقوله صلى الله عليه وسلم : { رفع عن أمتي الخطأ والنسيان وما استكرهوا عليه }
قوله : { رفع عن أمتي الخطأ } أي المؤاخذة به , وإلا فهو واقع منهم والإتلاف مضمون
شرح التلويح على التوضيح للتفتازني 2/388 
 ( قوله : ومنها الخطأ , وهو أن يفعل فعلا من غير أن يقصده قصدا تاما ) , وذلك أن تمام قصد الفعل بقصد محله , وفي الخطأ يوجد قصد الفعل دون قصد المحل , وهذا مراد من قال : إنه فعل يصدر بلا قصد إليه عند مباشرة أمر مقصود سواء , ويجوز المؤاخذة بالخطأ لقوله تعالى { ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا } فإنه لو لم يجز لم يكن للدعاء فائدة , وعند المعتزلة لا يجوز ; لأن المؤاخذة إنما هي على الجناية , وهي بالقصد , والجواب أن ترك التثبت منه جناية , وقصد بهذا الاعتبار جعل الخطأ من العوارض المكتسبة .
تحفة المحتاج 6/278  دار إحياء
)قوله : ولو أشرفت إلخ ) عبارة المغني وإن قطع بموت البهيمة الموقوفة المأكولة جاز ذبحها للضرورة وهل يفعل الحاكم بلحمها ما يراه مصلحة , أو يباع ويشتري بثمنه دابة من جنسها وتوقف وجهان رجح الأول ابن المقري , والثاني صاحب الأنوار وهو كما قال شيخنا أولى بالترجيح فإن لم يقطع بموتها لم يجز ذبحها وإن خرجت عن الانتفاع كما لا يجوز إعتاق العبد الموقوف وقضية كلام الروضة أنه لا يجوز بيعها حية وهو كذلك كما صرح به المحاملي , والجرجاني وإن قال الماوردي بالجواز ا هـ وكذا في النهاية إلا أنه عكس في حكاية الترجيح فقال قال الشيخ , والأول أولى بالترجيح ا هـ ورده الرشيدي بما نصه الذي في كلام الشيخ أن الأولى بالترجيح إنما هو الثاني كما في شرحه للروض وجزم به شرح البهجة ا هـ . وفي سم بعد أن ذكر عن شرح الروض مثل ما مر عن المغني ما نصه وفي شرح م ر ويجمع بينهما أي كلام المحاملي , والجرجاني وكلام الماوردي بحمل كل منهما على ما إذا اقتضته المصلحة فإن تعذر جميع ذلك صرف للموقوف عليه فيما يظهر انتهى ( فرع ) لو رأى المصلحة في بيعها حية فباعها , ثم تبين أن المصلحة في خلافه فالمتجه عدم ضمان النقص بالذبح بل يباع اللحم ويشترى بثمنه مثلها , أو شقص منه مر ا هـ وقوله ويجمع بينهما إلخ اعتمده ع ش وقوله حية فباعها لعل صوابه مذبوحة فذبحها
أسنى المطالب شرح روض الطالب 5/565  دار الكتب العلمية
(تنبيه ) سئل البلقيني عن ناظر صرف شيئا كان النظار قبله يصرفونه من مرتب على وظائف لم يشرطها الواقف , ثم بان له أن النظار أخطئوا في صرفها وأنها ليست في شرط الواقف هل يطالبه الورثة بما صرفه في المدة  الماضية قبل تبين الحال فأجاب بأن ناظر الوقف الصارف للمال على الوجه الذي يجب عليه العمل به لا يكون طريقا في الضمان بخلاف الوصي , والوكيل , وعدل الرهن ومن جرى مجراهم ; لأن ولاية من ذكر ليست عامة بخلاف نظار الأوقاف وإذا كان كذلك فالناظر بمنزلة الحاكم , والحاكم لا يكون طريقا في الضمان فليس لأحد من الذرية مطالبته بذلك وقوله : فأجاب أشار إلى تصحيحه قوله : بأن ناظر الوقف إلخ بخط شيخن
               Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

9.Basmalah Surat At-Taubah
        Kenapa dalam surat At-Taubah tidak ada basmalahnya? mohon nama kitab pengambilan ibarotnya.
Jawaban: 
        Dalam tafsir ar Rozi, ada 5 wajah alasan surat At-Taubah tidak ada basmalahnya.
Antara lain: Sayiduna Ali Karramallohu wajhah, ketika ditanya tentang hal ini, beliau menjawab: Karena basmalah adalah sebuah keamanan, sedangkan surat At-Taubah merupakan surat yang memerintahkan untuk memerangi orang orang kafir tanpa keamanan. Ada yang mengatakan karena basmalah bukan bagian ayat dari surat At-Taubah, berbeda dengan surat-surat yang lain, di mana basmalah merupakan bagian dari surat itu.  Ada juga yang menyatakan karena untuk mengingatkan pendapat ulama yang menyatakan surat At-Taubah dengan surat sebelumnya (Al-Anfal) merupakan satu surat, bukan dua surat. Ada yang mengatakan, permulaan surat At-Taubah searti dan semakna dengan akhir surat sebelumnya yang mewajibkan orang mukmin saling mengasihi satu sama lain dan memutus hubungan dengan orang-orang kafir, sehingga awal surat At-Taubah seperti taukid yang tidak perlu dipisah oleh basmalah. Dan ada yang mengatakan bahwa hal ini semata-mata karena wahyu dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
Refrensi:
تفسير الرازي 15/172  دار الكتب
سورة التوبة
مدنية إلا الآيتين الأخيرتين فمكيتان
وآياتها 129 نزلت بعد المائدة
…….
فإن قيل: ما السبب في إسقاط التسمية من أولها؟
قلنا: ذكروا فيه وجوها:
الوجه الأول: روي عن ابن عباس قال: قلت لعثمان بن عفان، ما حملكم على أن عمدتم إلى سورة براءة وهي من المئين، وإلى سورة الأنفال وهي من المثاني، فقرنتم بينهما وما فصلتم ببسم الله الرحمن الرحيم؟ فقال: كان النبي صلى الله عليه وسلّم كلما نزلت عليه سورة يقول: «ضعوها في موضع / كذا» وكانت براءة من آخر القرآن نزولاً. فتوفي صلى الله عليه وسلّم ولم يبين موضعها، وكانت قصتها شبيهة بقصتها فقرن بينهما. قال القاضي يبعد أن يقال: إنه عليه السلام لم يبين كون هذه السورة تالية لسورة الأنفال، لأن القرآن مرتب من قبل الله تعالى ومن قبل رسوله على الوجه الذي نقل، ولو جوزنا في بعض السور أن لا يكون ترتيبها من الله على سبيل الوحي، لجوزنا مثله في سائر السور وفي آيات السور الواحدة، وتجويزه يطرف ما يقوله الإمامية من تجويز الزيادة والنقصان في القرآن. وذلك يخرجه من كونه حجة، بل الصحيح أنه عليه السلام أمر بوضع هذه السورة، بعد سورة الأنفال وحياً، وأنه عليه السلام حذف بسم الله الرحمن الرحيم من أول هذه السورة وحياً.
الوجه الثاني: في هذا الباب ما يروى عن أبي بن كعب أنه قال: إنما توهموا ذلك، لأن في الأنفال ذكر العهود، وفي براءة نبذ العهود. فوضعت إحداهما بجنب الأخرى والسؤال المذكور عائد ههنا، لأن هذا الوجه إنما يتم إذا قلنا إنهم إنما وضعوا هذه السورة بعد الأنفال من قبل أنفسهم لهذه العلة.
والوجه الثالث: أن الصحابة اختلفوا في أن سورة الأنفال وسورة التوبة سورة واحدة أم سورتان؟ فقال بعضهم: هما سورة واحدة لأن كلتيهما نزلت في القتال ومجموعهما هذه السورة السابعة من الطوال وهي سبع، وما بعدها المئون. وهذا قول ظاهر لأنهما معاً ومائتان وست آيات، فهما بمنزلة سورة واحدة. ومنهم من قال هما سورتان، فلما ظهر الاختلاف بين الصحابة في هذا الباب تركوا بينهما فرجة تنبيهاً على قول من يقول هما سورتان، وما كتبوا بسم الله الرحمن الرحيم بينهما تنبيهاً على قول من يقول هما سورة واحدة، وعلى هذا القول لا يلزمنا تجويز مذهب الإمامية، وذلك لأنه لما وقع الاشتباه في هذا المعنى بين الصحابة لم يقطعوا بأحد القولين، وعملوا عملاً يدل على أن هذا الاشتباه كان حاصلاً، فلما لم يتسامحوا بهذا القدر من الشبهة دل على أنهم كانوا مشددين في ضبط القرآن عن التحريف والتغيير، وذلك يبطل قول الإمامية.
الوجه الرابع: في هذا الباب: أنه تعالى ختم سورة الأنفال بإيجاب أن يوالي المؤمنون بعضهم بعضاً وأن يكونوا منقطعين عن الكفار بالكلية، ثم إنه تعالى صرح بهذا المعنى في قوله: {بَرَآءَةٌ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِ۝} (التوبة: 1) فلما كان هذا عين ذلك الكلام وتأكيداً له وتقريراً له، لزم وقوع الفاصل بينهما، فكان إيقاع الفصل بينهما تنبيهاً على كونهما سورتين متغايرتين، وترك كتب بسم الله الرحمن الرحيم بينهما تنبيهاً على أن هذا المعنى هو عين ذلك المعنى.
الوجه الخامس: قال ابن عباس: سألت علياً رضي الله عنه: لم لم يكتب بسم الله الرحمن الرحيم بينهما؟ قال: لأن بسم الله الرحمن الرحيم أمان، وهذه السورة نزلت بالسيف ونبذ العهود / وليس فيها أمان. ويروى أن سفيان بن عيينة ذكر هذا المعنى، وأكده بقوله تعالى: {وَڈ تَقُولُوا۴ لِمَنْ أَلْقَىٰۤ إِلَيْكُمُ ٱلسَّلَـٰمَ لَسْتَ مُؤْمِنًا} (النساء: 94) فقيل له: أليس أن النبي صلى الله عليه وسلّم كتب إلى أهل الحرب بسم الله الرحمن الرحيم. فإجاب عنه: بأن ذلك ابتداء منه بدعوتهم إلى الله، ولم ينبذ إليهم عهدهم. ألا تراه قال في آخر الكتاب: «والسلام على من اتبع الهدى» وأما في هذه السورة فقد اشتملت على المقاتلة ونبذ العهود فظهر الفرق.
والوجه السادس: قال أصحابنا: لعل الله تعالى لما علم من بعض الناس أنهم يتنازعون في كون بسم الله الرحمن الرحيم من القرآن، أمر بأن لا تكتب ههنا، تنبيهاً على كونها آية من أول كل سورة، وأنها لما لم تكن آية من هذه السورة، لا جرم لم تكتب، وذلك يدل على أنها لما كتبت في أول سائر السور وجب كونها آية من كل سورة
             Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

10.Ngobrol Di Masjid
         Bagaimana hukumnya berbicara tentang dunia dalam masjid?
Jawaban:
        Hukumnya diperbolehkan selama isi pembicaraannya tidak ada yang menyalahi syara’. Namun, dalam madzhab Hanafy ada yang mengatakan haram secara mutlak.
Referensi:
المجموع شرح المهذب 2/177
( فرع ) يجوز التحدث بالحديث المباح في المسجد وبأمور الدنيا وغيرها من المباحات وإن حصل فيه ضحك ونحوه ما دام مباحا لحديث جابر بن سمرة رضي الله عنه قال : { كان رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يقوم من مصلاه الذي صلى فيه الصبح حتى تطلع الشمس , فإذا طلعت قام , قال : وكانوا يتحدثون فيأخذون في أمر الجاهلية فيضحكون ويتبسم } ” رواه مسلم .
غمز عيون البصائر الحنفي 4/60  دار الكتب
قوله : والكلام المباح أي : يمنع منه في المسجد . أقول محله أن نجلس له كما في الظهيرية أما أن تحدث بعد صلاته فلا يكره ( انتهى ) . قال الإمام ظهير الدين التمرتاشي في شرح الجامع الصغير من كتاب الكراهية : الجلوس في المسجد للحديث لا يباح بالاتفاق ; لأن المساجد ما بنيت لأمور الدنيا . وفي خزانة الفقه ما يدل على أن الكلام المباح من حديث الدنيا حرام فإنه قال : ولا يتكلم في المساجد بكلام الدنيا فمن تكلم في المساجد بكلام الدنيا أحبط الله عنه عمل أربعين سنة . وفي شرح النقاية يكره القعود في المسجد إلا للعبادة ما دون فيه شرعا ألا ترى أن أهل الصفة كانوا يلازمون المسجد وكانوا ينامون فيه ويتحدثون بما ليس فيه مأثم ؟ وفي صلاة الجلابي الكلام المباح من حديث الدنيا يجوز في المساجد وإن كان الأولى أن يشتغل بذكر الله تعالى وعن خلف جاءه غلامه فسأله عن شيء فخرج من المسجد وكلمه فقيل له في ذلك فقال ما تكلمت في المسجد بكلام الدنيا منذ كذا وكذا سنة .
لريقة محمودية 3/270  
الأربعون كلام الدنيا في المساجد ) في الأشباه عن فتح القدير أنه يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب ( بلا عذر ) كالمعتكف يتكلم بقدر حاجته اللازمة ( فإنه مكروه ) كراهة تحريم كما قيل
مطالب أولي النهى الحنبلي 2/259 
( و ) كره ( خوض وفضول ) من كلام , ( وحديث فيه بأمر دنيا وارتفاق به ) , أي : بالمسجد , ( وإخراج حصاه وترابه لتبرك ) به وغيره .

                   Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

=======================================================================
XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
=======================================================================
11.Pegang ALQURAN tanpa wudlu
           aby : asssalamu’alaikum…. maap nanya dikit, kalo ga punya wudlu boleh baca,pegang qur’an gak?? trus kalo orang punya keyakinan boleh/ ga bolehya, trus salah,, itu gmna???
Jawaban :
           Bapak Abi yang kami hormati, orang yang berhadats kecil (tidak berwudlu) itu tidak diperbolehkan (haram) baginya melakukan tiga hal; (1)Sholat (2)thowaf (3)menyentuh mushaf Al Qur’an atau membawanya. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama’ (malikiyah, syafi’iyyah, hanabilah, dan hanafiyyah). Toleransi boleh memegang mushaf AlQur’an tanpa wudlu hanya kepada dua orang, yaitu, anak kecil (yang belum baligh) dan orang yang sedang belajar atau mengajar Al Qur’an.
Dalil yang diajukan oleh mayoritas ulama’ adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ha kim ra. bahwasanya Nabi bersabda, yang artinya “Janganlah kamu menyentuh Al Qur’an, sedang engkau tidak dalam keadaan suci (dari hadats kecil dan besar)”.
Mengenai pendapat yang memperbolehkan memegang Al Qur’an tanpa berwudlu, adalah pendapat yang lemah. Pendapat ini hanya dikutip oleh Imam Qurthubi dan Imam Ibnu Sholah. Dan hanya satu-satunya kutipan yang tidak dikutip oleh ulama’ lain, atau tepatnya pendapat hasil kutipan ini kurang bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya.
Mengenai bolehnya mengamalkan pendapat yang lemah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya; tidak dijadikan kebiasaan, tidak menjadikannya “menyepelekan” dalam mengamalkan ibadah, tidak menuruti selera nafsu, dan tidak memilah-milah pendapat yang dianggap enteng. Hal ini semata-mata agar umat Islam tidak terjerumus menyepelekan ajaran agama. Karena dikawatirkan akan terseret perangkap syaitan, hingga kemudian menjadikan seseorang kurang memerhatikan perintah-perintah agama. Karena seseorang yang sudah kadung terbiasa memilah-milah ajaran agama sesuai seleranya, maka hal ini akan menyeret prilakunya kepada apa saja yang diajarkan oleh agama, bukan hanya masalah menyentuh Al Qur’an saja, namun akan merembet kepada hal-hal yang bersifat absolut (tidak bisa diganggu gugat). Ia akan selalu mencari-cari alasan demi menghindari ajaran-ajaran agama yang dianggapnya berat. (An Nawawi-majmu’ juz: 2 hal:65, Abi Suja’ vol: 15)
                 sumber : http://langitan.net

12.Al Qur’an sebagai Obat
          saya mau nanya, saya pernah dengar bahwa alquran adalah obat, maksud kata obat(syifa) disitu apa? apakah obat untuk penyakit dlohir atau bathin, obat penyakit jasmani atau rohani?
ahmad gresik
Jawaban :
          Bapak ahmad yang kami hormati, menurut ahli tafsir yang dimaksud bahwa Al Qur’an adalah obat adalah obat dhohir dan bathin. Alqur’an bisa mengobati penyakit dhohir seperti sakit panas, sakit kepala. Diceritakan oleh Siti Aisyiyah (istri Nabi) bahwasanya ketika badan Nabi sakit, beliau mengusapkan kedua telapaktanganNya seraya membaca surat Mu’awizatain (Surat Annas dan Al Falaq).
Selain itu Al Qur’an juga bisa mengobati penyakit bathin seperti Nifaq, waswas, ragu-ragu, kurang keyakinan dsb. Hal ini bisa ditempuh dengan cara memperbanyak membaca Al Qur’an sekaligus memahami isi kandungannya. Kita akan memperoleh beberapa ilmu pengetahuan dan keyakinan dari Al Qur’an pada apa-apa yang belum kita ketahui dan akan mendapatkan kemantapan bahwa Al Qur’an adalah Mukjizat Nabi Muhammad Saw. Yang terbesar. Dan Insya Alloh akan tertanam dalam benak kita betapa besar dan benar apa yang terdapat dalam Al Qur’an, dan sangat mustahil Al Qur’an adalah buatan Muhammad, karena Ia seorang yang Ummi (tidak bisa membaca dan menulis). Namun karena inilah (Nabi seorang yang Ummi) kita akan menyadari sepenuhnya bahwa Al Qur’an adalah wahyu Alloh yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. (Tafsir Arrozy 1/281, 17/308)
FMPPL (Forum Musyawarah Pondok Pesantren Langitan)
              sumber : http://langitan.net

13. Perawi
            Perawi adalah orang yang meriwayatkan/menceritakan hadits Nabi Muhammad Saw. Hadits Nabi mencakup ucapan (sabda), tindakan/perbuatan Nabi dan ketetapan. Yang dimaksud ketetapan nabi adalah sikap nabi yang tidak menyerukan/mengajak juga tidak melarang atau ingkar. Sikap Nabi saat itu hanya diam.
Syarat-syarat Rowi dianggap shohih harus menetapi beberapa kriteria;
       1. Ittishol sanadnya (mata rantai yang menyambungkan sampai kepada Nabi Saw.)
       2. Adil, yaitu orang Islam yang bersih dari sifat kefasikan (melakukan dosa besar atau dosa kecil terus enerus) dan sifat-sifat tercela lainya.
       3. Dhobith, yaitu orang yang punya daya ingat yang luar biasa. Ia mampu menyimpan dan menghadirkan kembali memori ingatannya kapan saja secara tepat.
      4. Tidak Syadz (tidak mengandung kejanggalan), artinya rowi yang terpercaya tidak berlawanan dengan rowi yang lebih terpercaya.
      5. tidak mengandung illat, artinya sifat yang samar yang menjadi penghalang diterimanya hadits, padahal dhohirnya bebas dari cacat.
Yang harus kita ikuti adalah hadits yang maqbul (hadits shohih dan hasan), sedangkan yang tdak adalah yang mardud (hadits dho’if). Namun demikian, ulama’ memilah mengenai hadits dho’if. Hadits dho’if boleh dipakai bila menyangkut fadhoilu Al-amal (ritual ibadah sunnah). Hadits dho’if yang menyinggug hukum tidak diperbolekan di buat pijakan.
Kita harus yaqin bahwa semua hadits yang termuat dalam shohihain (Bukhori & Muslim) adalah shohih bahkan mutawatir (tidak mungkin terjadi kebohongan).karena beliau sangat selektif dalam menerima riwayat hadits. Pernah suatu ketika Imam Bukhori tidak mau menerima hadits dari seseorang dikarenakan ia pernah mencoba memberi makan kepada kudanya dan setelah diketahui bahwa kudanya masih doyan makan ia tidak jadi memberikan makan kudanya. Saat itu Imam Bukhori berkesimpulan bahwa “kalau kudanya saja dibohongi, jangan-jangan apa yang disampaikan nanti juga bohong” (Qowa’id Al-Asasyiyah)
            sumber : http://langitan.net

14.Tanah Bekas Masjid
          Pak, di kampung saya ada tanah yang dahulu bekas bangunan masjid, tapi sekarang sudah berbentuk bangunan madrasah karena masjidnya udah dipindah. Bagaimana status tanah bekas masjid tersebut? Bagaimana hukumnya jika misalnya ada orang yang sedang menanggung hadats besar berada di tempat tersebut?
Nurul, Sekaran, Lamongan
Jawaban:
         Perwakafan itu tidak boleh dicabut kembali. Maka dari itu tanah yang sejak awal sudah diwakafkan untuk masjid, sampai kapan pun statusnya tetap berlaku wakaf, meski bangunan masjidnya sudah dibongkar atau dipindah. Karena status tanah itu masih dihukumi masjid, maka orang yang sedang menanggung hadats besar diharamkan berada di tempat tersebut. (Nihayatuz Zain; 272).
               sumber : http://langitan.net

15.Khutbah Hanya dengan Bahasa Arab
          Pengasuh rubrik “Masail”, Agus Qohwanul Adib yang mulia. Syarat khutbah Jum’at memang harus dengan Bahasa Arab, namun melihat kenyataan kondisi masyarakat kita yang tidak dapat memahami Bahasa Arab dengan baik, sehingga sebagian besar khotib Jum’at menyisipkan khutbah Bahasa Indonesia di tengah-tengah khutbah Bahasa Arab tersebut. Yang menjadi pertanyaan saya, pantaskah atau bolehkah khutbah Jum’at memakai Bahasa Arab secara keseluruhan, padahal sebagaian besar jamaah adalah orang awam yang pasti tidak memahami Bahasa Arab?
08133175xxxx
Jawaban:
       Khutbah Jum’at itu memang harus menggunakan Bahasa Arab, meski semua jamaahnya terdiri dari orang awam yang tidak mengerti artinya. Namun keharusan menggunakan Bahasa Arab itu dikhususkan pada rukun-rukun khutbah saja. Artinya, selain rukun khutbah, kita bisa memakai bahasa lain. Jadi, cara khutbah di komunitas kita yang paling bijak adalah khutbah dengan Bahasa Arab yang meliputi semua rukun-rukunnya, lalu diterangkan dengan menggunakan bahasa yang lebih bisa dimengerti oleh jamaah. (Hamisy I’anah, II, 69)
                sumber : http://langitan.net

16.Wakilkan haji
          Bolehkah mewakilkan haji kepada seseorang dengan imbalan upah/ bayaran bagi orang yang tidak mampu melaksanakan haji sendiri?
Jawab  :
      Konsep “Mampu” dalam ibadah haji itu terbagi menjadi dua:
- Mampu melaksanakan ibadah haji sendiri tanpa perantara orang lain(Isthitho’ah Mubasyaroh).
- Mampu melaksanakan ibadah haji dengan cara menggantikan kepada orang lain (Isthitho’ah Bi’inaabah Al ghoir ‘Anhu)
Diriwayatkan oleh Imam Al Bukhori dan Imam Al Muslim
“Bahwa suatu ketika ada Seorang perempuan dari qobilah Khosy’am bertanya kepada baginda Nabi SAW. : Wahai Rosululllah sungguh Allah telah mewajibkan kepada hamba-hambaNya untuk menunaikan ibadah haji,sedangkan aku jumpai bapakku dalam keadaan tua renta dan sudah tidak kuat untuk melakukan perjalanan ibadahhaji, apakah aku boleh menunaikan haji untuknya? Nabi menjawab: ya, boleh.
Diterangkan lebih lanjut oleh para ulama’ bahwa Isthitho’ah Bi’inaabah Al ghoir ‘Anhu diperuntukkan kepada mereka yang belum menunaikan ibadah haji hingga saat akan mengerjakannya ia jatuh sakit atau meninggal dunia.
Perlu juga dimengerti bahwa sakit yang mendapat dispensasi (boleh mewakilkan/ Inaabah haji) adalah sakit permanen (sulit untuk sembuh) seperti lumpuh,strock dll.
(Ianatuttholibin 2/318 & 323 )
              sumber : http://langitan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar