Senin, 16 Juli 2012

umum 7

Daftar isi :
      1. Membunuh hewan kecil                                                  7. Jual hewan ditukar dengan kulit                    
      2. Haul pakai hartanya mayit                                              8. jimat     
      3. Barang sewaan                                                                9. pasang jimat          
      4. Beli barang nggak jelas (curian/bukan)                    10. Melihat JIN        
      5. Jaminan Hutang                                                              11. Zakat padi dengan uang
      6. Bayar Hutang Pakai Uang Haram


1.Membunuh hewan kecil
         Bagaimana hukumnya membunuh hewan kecil, seperti semut-semut dll.?
Jawaban:
         Apabila yang dimaksud adalah hewan kecil yang tercipta untuk menyakiti seperti kutu, semut merah yang menggigit, nyamuk dan yang emacam maka hukum membunuhnya  boleh asalkan tidak dibakar dengan api. Apabila dengan cara dibakar, maka hukumnya sebagimana dalam Sullam at-Taufiq haram keculai hal itu telah menjadi satu satunya cara.
Termasuk membunuh dengan api, membunuh dengan raket anti nyamuk sebagaimana yang sering terjadi pada saat ini.
تحفة الحبيب على شرح الخطيب ( حاشية البجيرمي على الخطيب )  4/299 ط/ دار الفكر
وإحسان القتلة اختيار أسهل الطرق وأخفها إيلاما وأسرعها إزهاقا وأسهل وجوه قتل الآدمي ضربه بالسيف في العنق , ولذا يكره قتل القمل والبق , والبراغيث وسائر الحشرات بالنار لأنه من التعذيب وفي الحديث { لا يعذب بالنار إلا رب النار } قال الجزولي وابن ناجي : وهذا ما لم يضطر لكثرتهم فيجوز حرق ذلك بالنار لأن في تنقيتها بغير النار حرجا ومشقة ويجوز نشرها في الشمس قال الأقفهسي : وقتلها بغير النار بالقعص أي القصع والفرك جائز لقوله : وقد مثل عن حشرات الأرض تؤذي أحدا فقال : { ما يؤذيك فلك أذيته قبل أن يؤذيك } وما خلق للأذية فابتداؤه بالأذية جائز هـ شبرخيتي

سلم التوفيق ص74  ط/الهداية
ومنها أي من معاصي اليدين الضرب بغير حق إلى أن قال وإحراق الحيوان إلا إذا أذى وتعين طريقا في الدفع
حاشية العدوي على كفاية الطالب الرباني للشيخ علي الصعيدى العدوي المالكي 2/503    ط/ دار الفكر
 ( ويكره قتل القمل والبراغيث ) وغيرهما كالبق والبعوض ( بالنار ) لأنه من التعذيب ما لم يضر لكثرتها  فيجوز لأن في تتبعها بغير النار حرجا ومشقة ( ولا بأس إن شاء الله بقتل النمل إذا آذت ولم يقدر على تركها ) ج : وأتى الشيخ بالمشيئة كأنه من عنده لم يقف فيه لمالك على شيء ( ولو لم تقتل ) النمل ( كان أحب إلينا إن كان يقدر على تركها ويقتل الوزغ ) حيث وجد من غير استئذان لما صح أنه صلى الله عليه وسلم أمر بقتله , ويكره قتل الضفادع جمع ضفدع بكسر الضاد المعجمة وسكون الفاء وكسر الدال لما صح أنه صلى الله عليه وسلم نهى عن قتلها
 [ قوله : ويكره قتل القمل ] أي تنزيها , [ قوله : بالنار ] أي لا بالشمس أو بالقصع والفرك
حاشية العدوي على كفاية الطالب الرباني للشيخ علي الصعيدى العدوي المالكي 2/484    ط/ دار الفكر
ومن التعوذ أن تقول أعوذ بوجه الله الكريم ) أي ذاته الكريمة ( وبكلماته ) إلى أن قال  ( و ) أعوذ بالله ( من شر ما ينزل من السماء ) كالصواعق فتصيب أهل الأرض.
[ قوله : كالصواعق ] جمع صاعقة وهي الرعد الذي معه نار
                Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

2.Haul pakai hartanya mayit
         Apakah betul menghauli mayit gak boleh pakai hartanya orang yang dihauli?
Jawaban:
        Harta peninggalan orang meniggal disebut tirkah dan berpindah tangan pada ahli warits setelah semua hutang hutang dan wasiat wasiatnya sudah terpenuhi sesuai bagian masing masing yang dijelaskan dalam ilmu fara’id. Oleh karenanya, menghauli dengan memakai harta itu hukumnya diperbolehkan apabila mendapat idzin dari semua ahli warits yang mutlak tasharruf  (bukan anak kecil, gila dll)
في تحفة المحتاج 5/334-335 (دار الفكر) مانصه :
( فرع ) وقع السؤال كثيرا عما يقع كثيرا أن الشخص يموت ويخلف تركة وأولادا ويتصرفون بعد الموت في التركة بالبيع والزرع والحج والزواج وغيرها ثم بعد مدة يطلبون الانفصال فهل لمن لم يحج ولم يتزوج منهم الرجوع بما يخصه على من تصرف بالزواج ونحوه أو لا فيه نظر والجواب عنه أنه إن حصل إذن ممن يعتد بإذنه بأن كان بالغا رشيدا للمتصرف فلا رجوع له وينبغي أن مثل  الإذن ما لو دلت قرينة ظاهرة على الرضا بما ذكر فإن لم يوجد إذن ولا رضا أو حصل الإذن ممن لا يعتد بإذنه فله الرجوع على المتصرف بما يخصه ا هـ ع ش وقوله فلا رجوع له إلخ ظاهره وإن ادعى الآذن أنه إنما أذن بنية أنه يصرف لنفسه مثل ما صرفه المأذون له لنحو الزواج ووجدت قرينة دالة على ذلك كجريان العادة بذلك وفيه وقفة لا سيما إذا اعتقد الرجوع مع الإذن المذكور فليراجع .
            Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

3.Barang sewaan
        Ust. Ana mau tanya wajibkah mengganti barang sewaan yang hilang/rusak.
Jawaban:
        Tidak wajib kecuali apabila ceroboh
مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج 2/449 دار الكتب العلمية
(ويد المكتري على) المستأجر من (الدابة والثوب) وغيرهما (يد أمانة مدة الإجارة) جزماً ، فلا يضمن ما
تلف فيها بلا تقصير، إذ لا يمكن استيفاء حقّه إلاَّ بوضع اليد عليها وعليه دفع متلفاتها كالمودع. تنبيه: لو قال «على المستأجر» كما قدرته بدل «على الدابة والثوب» لكان أخصر وأشمل. (وكذا بعدها) إذا لم يستعملـها (في الأصح) استصحاباً لما كان كالمودع، فلا يلزمه ردّها بل التخلية بينها وبين المالك كالوديعة
فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب 1/293  دار الفكر
ويد المكتري على الدابة والثوب يد أمانة. (ولو بعد المدة) أي مدة الإجارة إن قدرت بزمن أومدة إمكان الاستيفاء إن قدرت بمحمل عمل استصحاباً لما كان كالوديع. (كأجير) فإنه أمين ولو بعد المدة. (فلا ضمان) على واحد منهما، فلو اكترى دابة ولم ينتفع بها فتلفت أو اكتراه لخياطة ثوب أو صبغه فتلف لم يضمن سواء انفرد الأجير باليد أم لا، كأن قعد المكتري معه حتى يعمل أو أحضره منزلـه ليعمل كعامل القراض. (إلا بتقصير كأن ترك الانتفاع بالدابة فتلفت بسبب) كانهدام سقف اصطبلـها عليها (في وقت ولو انتفع بها) فيه عادة (سلمت وكأن ضربها أو نخعها) باللجام (فوق عادة) فيهما (أو أركبها أثقل منه أو أسكنه) أي ما اكتراه (حداداً أو قصاراً) دق وليس هو كذلك (أو حملـها) أي الدابة (مائة رطل شعير بدل مائة) رطل (برأ وعكسه أو) حملـها (عشرة أقفزة بر بدل) عشرة أقفزة (شعير) فيضمن العين أي يصير ضامناً لـها لتعديه.
            Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

4.Beli barang nggak jelas (curian/bukan)
         Ust. Ana mau nanya, bolehkah membeli sepeda gak jelas atau curian dan bagaimana hukum memakaiya ?
Jawaban:
         Membeli sepeda motor yang tidak jelas apakah motor itu hasil curian atau bukan hukumnya ditafshil sebagai berikut :
    a. Jika secara lahiriah penjualnya diketahui sebagai orang baik (عرف بالصلاح), maka hukum jual beli tersebut adalah sah dan tidak haram, tetapi sebaiknya tidak dilakukan.
    b.Jika penjualnya tidak diketahui apakah orang baik atau bukan (مجهول), maka satu-satunya jawaban adalah suara hati nurani. jika hati nurani berkata bahwa motor tersebut adalah hasil curian, maka hukum jual beli tersebut adalah sah tapi haram. jika hati nurani berkata bahwa motor tersebut bukan hasil curian, maka hukum jual beli tersebut adalah sah dan tidak haram tetapi sebaiknya ditinggalkan.
       Sedangkan apabila sepeda motor itu jelas jelas hasil curian, maka  jual belinya adalah haram dan tidak sah
اتحاف السادة المتقين 6/616 (دار الكتب العلمية)
(فاما اذا اخبر به مجهول لا يدرى من حاله شيء اصلا فهذا مما جوزنا الاكل من يده) كما سبق قريبا (لان يده دلالة ظاهرة على ملكه) فلا يعارض بغيره
اتحاف السادة المتقين 6/617-618 (دار الكتب العلمية)
مسألة اخرى: (ولو نهب متاع مخصوص) وانتشر فى ايدي الناس منه (فصادف من ذلك النوع متاعا فى يد انسان واراد ان يشتريه واحتمل ان لايكون من المغصوب) احتمالا جائزا فنظر (فان كان ذلك الشخص) الذى يشتريه منه (ممن عرف بالصلاح) وحسن الحال جاز (الشراء) شرعا (وكان تركه من الورع) والاحتياط (وان كان الرجل مجهولا لايعرف منه شيء فان كان يكثر نوع ذلك المتاع من غير المغصوب فله) ايضا (ان يشتري) منه (وان كان لايوجد ذلك فى تلك البقعة الا نادرا) اى قليلا (وانما كثر بسبب الغصب) والنهب (فليس يدل على الحل الا اليد) اى وضعها عليه (وقد عارضته علامة خاصة من شكل المتاع ونوعه , فالامتناع من شرائه من الورع المهم) المتأكد فيه (ولكن الوجوب فيه نظر , فان العلامة متعارضة ولست اقدر على ان احكم فيه بحكم) هل يمتنع عنه وجوبا او ورعا (الا ان ارده الى قلب المستفتى لينظر ما الأقوى فى نفسه , فان كان الأقوى انه مغصوب) ونفر عنه القلب (لزمه تركه والا حل له شراؤه.
اتحاف السادة المتقين 6/589 (دار الكتب العلمية)
(الحالة الاولى : ان يكون مجهولا . والمجهول هو الذى ليس معه قرينة) خاصة (تدل على فساده وظلمه كزي الاجناد) من الاتراك والاكراد من تطويل الشوارب والثياب (ولا ما يدل على صلاحه كثياب اهل التصوف) من مدرعة وصوف او مرتفعة وتقصير الملابس (و) كثياب اهل (التجارة) من عمامة مدورة وغيرها (و) كثياب اهل (العلم) من فرجية وطيلسان وعمامة كبيرة (وغير ذلك من العلامات) المختصة بكل واحد منهم
اتحاف السادة المتقين 6/598 (دار الكتب العلمية)
(الحالة الثالثة : ان يكون المال معلوما بنوع خبرة وممارسة بحيث يوجب ذلك ظنا فى حل المال وتحريمه مثل ان يعرف صلاح الرجل وديانته وعدالته فى الظاهر) اى فيما يراه من ظاهر احواله (وجوز ان يكون الباطن بخلافه) اى مخالفا للظاهر (فههنا لايجب السؤال ولا يجوز كما فى المجهول بل اولى) -الى ان قال- (فاما اذا علم بالخبرة انه جندي او مغن او مرب) اى يستعمل الربا فى معاملاته (واستغنى عن الاستدلال عليه بالهيئة والشكل والثياب فههنا السؤال واجب لا محالة.
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين 3/9 الهداية
)فائدة) لوْ أَخذَ مِن غَيرهِ بِطَريقٍ جائِز ما ظَنَّ حلَّهُ، وهو حرامٌ باطناً، فإِن كان ظاهِرَ المأخوذِ منهُ الخيرَ لم يُطالَبْ في الآخِرة، وإلا طولِبَ
)قوله: بطريق جائز) كبيع وهبة. (قوله: ما ظن حله) مفعول أخذ، أي أخذ شيئاً يظن أنه حلال ، وهو في الواقع ونفس الأمر حرام، كأن يكون مغصوباً أو مسروقاً. (قوله: فإن كان ظاهر المأخوذ منه) هو البائع، أو الواهب. (وقوله: الخير) أي الصلاح. (قوله: لم يطالب) أي الآخذ في الآخرة، وهو جواب إن. (وقوله: وإلا طولب) أي وإن لم يكن ظاهر الخير والصلاح، بأن كان ظاهره الفجور والخيانة، طولب ــــ أي في الآخرة ــــ وأما في الدنيا، فلا يطالب مطلقاً، لأنه أخذه بطريق جائز.
حاشية الجمل على المنهج 4/335-336
ورابعها (ولاية) للعاقد عليه (فلا يصح عقد فضولي) وان اجازه المالك لعدم ولايته على المعقود عليه

                 Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com  

5.Jaminan Hutang
          Bagaiamana hukumnya jika orang pinjam uang kepada saya 4 juta, tapi orang itu member jaminan sawah kepada saya, saya disuruh menanami sawahnya, nanti kalau punya uang akan ditebus lagi sawahnya?
Jawaban: 
         Hukumnya diperbolehkan selama tidak ada syarat pemanfaatan sawah dalam akad.
Referensi:
في بغية المسترشدين ص 178 (ط/الهداية) مانصه :
﴿ مسئلة ش ﴾ رهن أرضا وأباح للمرتهن أو غيره منافعها مدة بقاء الدين انتهت الإباحة بموت المبيح فيغرم المنافع من حينئذ وإن جهل موته على خلاف فيه كما لو باعها المالك أو وهبها مع القبض من آخر أو رجع عن الإباحة لكن لا يغرم هنا إلا بعد علمه بالحال ويأثم حينئذ.
﴿إعانة الطالبين للسيد أبي بكر شطا الدميطي  3/53-54 ط/الهداية﴾
وأما القرض بشرط جر نفع لمقرض ففاسد، لخبر كل قرض جر منفعة، فهو ربا
حاشية قليوبي 2/261-262 ط/دار النصر المصرية
( وإن شرط ما يضر المرتهن ) وينفع الراهن كأن لا يباع عند المحل ( بطل الرهن ) لإخلاف الشرط بالغرض منه ( وإن نفع ) الشرط ( المرتهن وضر الراهن كشرط منفعته ) أي  المرهون أو زوائده ( للمرتهن بطل الشرط , وكذا الرهن في الأظهر ) لما فيه من تغيير قضية العقد , والثاني يقول الرهن تبرع فلا يتأثر بفساد الشرط . ( تنبيه ) بقي ما لو ضرهما معا أو نفعهما كذلك وكلام المصنف شامل للبطلان فيهما وتقييد الشارح لأجل التمثيل المذكور في كلامه فانظره
﴿ تحفة المحتاج 4/327 (دار الفكر) ﴾
والحاصل أن كل شرط مناف لمقتضى العقد إنما يبطل إن وقع في صلب العقد أو بعده وقبل لزومه لا إن تقدم عليه ولو في مجلسه كما يأتي
          Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

6.Bayar Hutang Pakai Uang Haram
          Seandainya saya hutang uang, dan saya mengembalikannya pakai uang haram. Apakah yang saya makan tadi jadi haram?
Jawaban:
          Tidak, akan tetapi yang anda lakukan (mengembalikan dengan uang haram) hukumnya haram.
Referensi:
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين 3/9  الهداية
ولو اشترى طَعامَه في الذِّمة وقضى من حرامٍ، فإِن أَقْبضَهُ لهُ البائِع برضاه قبل توفية الثمن حُلَّ له أكْله، أو بَعْدَها مع عِلمهِ أنَّه حَرامٌ حلّ أيضاً، وإلا حَرُمَ إِلى أن يُبِرْئَه أو يوفيه من حلٍ. قاله شيئخنا.
(قوله: ولو اشترى طعاماً إلخ) بيّن هذه المسألة الغزالي فقال: وأما المعصية التي تشتد الكراهة فيها: أن يشتري شيئاً في الذمة ويقضي ثمنه من غصب أو مال حرام، فينظر، فإن سلم إليه البائع الطعام قبل قبض الثمن بطيب قلبه، وأكله قبل قضاء الثمن، فهو حلال. فإِن قضى الثمن بعد الأكل من الحرام فكأنه لم يقبض، فإِن قضى الثمن من الحرام وأبرأه البائع مع العلم بأنه حرام فقد برئت ذمته، فإِن أبرأه على ظن أنه حلال فلا تحصل به البراءة. اهــــ. (قوله: فإِن أقبضه) أي الطعام. (وقوله: له) أي للمشتري. (وقوله: البائع) فاعل أقبضه. (قوله: برضاه) أي البائع. (قوله: قبل توفية الثمن) أي قبل توفية المشتري الثمن للبائع. (قوله: حلّ له) أي للمشتري أكله، أي الطعام.
             Sumber  http://buletinalfikrah.wordpress.com

======================================================================
XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX
======================================================================

7.Jual hewan ditukar dengan kulit
ولا يجوز بيع اللحم با لحيوان          sudah dimaklumi bahwa tidak sah menjual daging ditukar dengan hewan, baik  daging    tadi berupa limpa, hati, jantung dan lain-lain.
Pertanyaan:
       a)Bagaimana jika menjual sapi ditukar dengan kulitnya yang sudah disamak ?
Jawab :
       Boleh, sebab kulit tersebut bukan termasuk daging, akan tetapi jika kulit tersebut  belum disamak maka tidak diperbolehkan, karena masih dianggap daging
الفقه المنهجي – (6 / 67)                                                          
بيع اللحم بالحيوان :لا يجوز بيع اللحم بالحيوان مطلقاً لا نقداً ولا نسيئة ، وسواء أكان اللحم من جنس الحيوان أم من غير جنسه ، وسواء أكان الحيوان مأكول اللحم – كشاة بلحم بقر – أم غير مأكول اللحم – كلحم بقر بحمار – فلا يجوز مطلقاً .ومثل اللحم ما في معناه : كالشحم والألية والكبد والقلب والكلية والطحال ، وكذلك جميع أجزائه المأكولة .وأجازوا بيع الحيوان بالجلد بعد دبغه ، لخروجه عن كونه لحماً أو ما في معناه . أما قبل الدبغ فلا يجوز أيضاً ، لأنه يُعتبر لحماً .
حاشية الباجورى – (1 / 346)
(قوله بيع اللحم بالحيوان) وكذا فى معنى اللحم من الشحم والكبد والقلب والالية ……
      b)Bolehkah menjual hewan ditukar dengan kerupuk ramba’ (kerupuk yang terbuat dari kulit sapi) ?
Jawab :
        Diperbolehkan, karena penjualan kulit dan tulang itu bukan termasuk riba, berbeda dengan daging. Begitu juga diperbolehkan menjual telur dengan ayam.
الحاوى الكبير ـ الماوردى – (5 / 320)
وَأَمَّا بَيْعُ الْحَيَوَانِ بِالْجِلْدِ وَالْعَظْمِ فَيَجُوزُ عَلَى الْوَجْهَيْنِ : لِأَنَّ الْجِلْدَ وَالْعَظْمَ مَا لَا رِبَا فِيهِ بِخِلَافِ اللَّحْمِ ، وَكَذَا بِيعُ الْبَيْضِ بِالدَّجَاجِ يَجُوزُ عَلَى الْوَجْهَيْنِ مَعًا بِخِلَافِ اللَّحْمِ : لِأَنَّ اللَّحْمَ بَعْضُ الْحَيَوَانِ ، وَلَيْسَ الْبَيْضُ بَعْضُ الدَّجَاجِ ، وَكَذَا بَيْعُ اللَّبَنِ بِالْحَيَوَانِ يَجُوزُ
              sumber : http://langitan.net

8.jimat
       tolong jelaskan tentang kiyai yang memberi ajimat,wafaq, penangkal dll.juga kiyai yang katanya mampumengetahui barang hilang, nasib dll saya bingung masalhnya ini semua musyrik tapi kenapa yang melakukannya dan yang memasarkannya pak kiyai yang kami hormati. kami yang awam ni mau di ajak kemana ? keneraka tah. mohon penjelasanya.
Jawab : (admin)#yudi
        jimat dkk adalah sarana dan perantara. kalau seseorang meyakini bahwa benda tersebut bisa memberi pengaruh / mendatangkan manfaat dan menolak mudlorot, dan meminta ke benda tersebut seperti halnya dia meminta kepada Allah SWT. maka orang tersebut sudah termasuk kufur. atau contoh gampangnya, kita berobat ke dokter. kalau kita meyakinii bahwa yang memberi sehat itu obat atau dokter bersangkutan maka sudah kufur. karena hakikatnya sehat, sakit, sial, untung semua datang dari Allah SWT semata.
Dan perlu diktahui hanya Allah yang tahu hakikat barang gaib, kalaupun orang bisa mengetahui barang gaib (barang hilang dll) maka ada dua kemungkinan. Pertama kalau orang tersebut BENAR-BENAR orang shaleh, maka itu berarti sebuah karomah atau kemulyaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada yang bersangkutan. Kalau orang sudah jelas TIDAK BENAR Syariatnya (walau dia pake sOrban dan mengaku sebagai seorang kiyai) maka datangnya pengetahuan tersebut dari setan.
Memang agak sulit membedakan mana shaleh asli dan aspal (asli tapi palsu) apabila kita tidak mengetahui secara mendalam. langkah mudahnya adalah kita tanya kepada orang yang sekira kenal dengan yang bersangkutan tentang kesehariannya, apakah suka melanggar aturan Islam apa tidak, walau hal ini juga tidak mudah.
               sumber : http://langitan.net

9.pasang jimat
            Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di masyarakat awam kita tidak bisa lepas dari urusan magig, terutama jimat. Jimat sangat kental dalam kehidupan kami. Tapi kami bingung, sebab di televisi seorang kiai mengharamkan, sementara kiai yang lain memperbolehkan. Sebenarnya manakah yang benar dalam hal ini menurut pandangan Syara’? Tolong dijelaskan berikut dalil dan referensinya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Ahmadi, Ngelo, Tambakromo, Malo, Bojonegoro
Jawaban:
         
Dalam masalah ini sebenarnya ada satu hal bisa kita jadikan sebuah ukuran antara boleh dan tidaknya mempergunakan jimat (rajah). Yaitu, jika seseorang meyakini jimat itu hanya sebagai media atau perantara (sababiyah) atas terjadinya sesuatu, sedangkan yang menentukan segalanya adalah Allah Subhanahu wata’ala, maka diperbolehkan (tidak haram). Hal yang sama pernah dilakukan oleh sahabat Khalid bin Walid Radliyallahu anhu pernah menyimpan rambutnya Nabi Muhammad Shollallahu alaihi wasallam dalam kopyahnya. Namun sebaliknya, jika dia meyakini bahwa yang menentukan segalanya adalah jimat tersebut (bukan Allah Subhanahu wata’ala) yang hal ini mengandung unsur syirik (menyekutukan Allah Subhanahu wata’ala), maka hukumnya haram. Dalam hal ini hukum nyuwuk disamakan dengan hukum jimat.
Maraji’: Durrul Farid 325
              sumber : http://langitan.net

10.Melihat JIN
         Ahmad : apakah benar seorang itu bisa melihat alam jin dan alam malakuut?
Jawaban :
         Bapak ahmad yang kami hormati, memang benar bahwa seseorang bisa (mungkin) melihat jin, namun bukan dalam bentuk aslinya, jin bisa dilihat oleh manusia dalam berbagi bentuk yang ia kehendaki, karena memang jin diberi anugerah oleh Alloh bisa berubah wujud sesuai keinginannya. Keterangan ini tidak bertentangan dengan Firman Alloh Swt. yang artinya ” Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka”. Karena yang dimaksud ayat diatas adalah Jin dan pengikutnya tidak bisa dilihat dalam bentuk aslinya, namun ketika ia menyamar dengan bentuk lain maka bagi orang yang diberi anugerah oleh Alloh dapat melihatnya. (Mirqotu Al Mafatih)
Begitu juga orang yang dapat melihat alam malakut (kerajaan langit), mereka yang dapat melihat alam malakut adalah orang-orang pilihan Alloh swt. Anugerah ini tidak sembarangan diperoleh seseorang. Kebanyakan yang mendapatkan adalah para wali Alloh atau orang-orang sholeh dan ahli ibadah. (Ihya’ Ulumiddin)
              sumber : http://langitan.net

11.Zakat padi dengan uang
          Zakat hasil tanaman atau perkebunan seperti padi, jagung, kedelai, kacang hijau dsb menurut mazhab syafi’i harus berupa hasil panen, tidak boleh dirupakan uang (nilai nominal). Namun menurut mazhab hanafi, boleh mengeluarkan zakat dari tanaman tersebut dengan menggunakan uang.
Namun demikian, lebih baik anda tidak gampang-gampang berpindah mazhab, karena dalam berpindah mazhab ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Diantaranya; tidak mengandung Talfiq, tidak menjadikan gegampang atau semberono dalam beribadah, harus satu qodyah dan masih banyak syarat-syarat yang lainnya. (Tarsyikh Almustafidin, Fiqh ala madzahibil arba’ah jz. 1 hal 618-619, Ismidul ‘ain hal. 47-48)
Sedangkan yang harus dikeluarkan adalah hasil kotor (belum digunakan sebagai biaya operasional seperti upah kuli dsb). Untuk ukuran nishob (batas minimal) zakat padi yang wajib dikeluarkan adalah sebagaimana tabel dibawah ini

           sumber : http://langitan.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar